3 Cara Mematikan Windows Defender

3 Cara Mematikan Windows Defender

Cara Mematikan Windows Defender bukan perkara mudah untuk sebagian orang, karena ada beberapa settingan atau pengaturan yang harus kamu otak-atik. Tapi jika kamu sudah paham dengan basic cara kerja dari OS windows, saya rasa mematikan windows defender bukanlah hal yang cukup rumit.

Windows defender sendiri merupakan sebuah antivirus bawaan dari windows, jadi saat kamu melakukan fresh install OS windows, windows defender sudah termasuk didalamnya. salah satu dari banyak penyebab kamu ingin mematikan windows defender sementara adalah munkin karena saat kamu menginstall sebuah aplikasi, windows defender melakukan “block” pada prosses installasinya. Hal itu terjadi karena firewall dari windows defender mendeteksi sebuah software yang tidak dikenal atau mencurigakan.

Banyak juga yang menggunakan aplikasi advanced antivirus lain seperti kaspersky, norton atau bitdefender. mungkin jika dibandingkan antivirus-antivirus premium tersebut, windows defender tidak akan kalan dari segi performa mengatasi serangan virus (asalkan definis verus terus diupdate secara berkala), tapi mungkin ada beberapa kekurangan windows defender jika dibandingkan dengan advanced antivirus seperti fitur system optimization, file shredding atau parental control.

Jadi pada artikel ini stnorton akan memberikan sebuah tutorial cara mematikan windows defender sementara dan juga cara mematikan windows defender secara permanen. Karena saya yakin masih banyak orang yang menggunakan antivirus windows defender ini, jadi ketika kamu menginstall aplikasi tertentu kamu bisa menonaktifkan windows defender sementara untuk memudahkan proses installasi.

Cara Mematikan Windows Defender Sementara

Jika kamu ingin mematikan antivirus windows defender untuk tujuan tertentu (misalnya menginstall sebuah software), kamu cukup untuk mematikan windows defender sementara. Berikut ini cara mematikan windows defender sementara

1. Silahkan kamu buka Start

2. Kemudian ketik dan cari Windows Security, jika sudah ketemu langsung klik aplikasinya/

3. Lalu klik pada Virus and threat protection.

4. Di bawah menu “Virus and threat protection”, klik pada Opsi Manage Settings. (Jika belum paham kamu bisa lihat gambar)

Cara Mematikan Windows Defender5. Kemudian langkah terakhir adalah klik switch off Real Time Protection untuk mematikan windows defender sementara. (lihat gambar)

Cara Mematikan Windows Defender

Jika kamu sudah mematikan Real time protection pada windows defender, berarti kamu sudah berhasil untuk mematikan windows defender untuk sementara. Cara ini memang sangat cocok jika kamu akan melakukan beberapa hal tertentu seperti menginstall suatu software atau mengubah beberapa pengaturan yang berhubungan dengan firewall windows defender.

Cara Mematikan Windows Defender via Registry Editor

cara mematikan windows defender menggunakan regedit memang lumayan sulit, kamu juga harus berhati-hati jika kamu mengedit beberapa file di regedit, karena registry editor mungkin cukup sensitif.

1. Ok, langkah pertama cara membuka regedit atau registry editor menggunakan fitur Run di windows. Cara membuka Run di windows seperti biasa, tekan Windows + R secara bersamaan di keyboar kamu, kamudian tuliskan regedit di kolom Run dan pencet enter.

Cara Mematikan Windows Defender

2. Jika registry editor sudah muncul, silahkan klik HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM > CurrentControlSet > Services > SecurityHealthService Ingat, kamu tidak boleh salah memencet dalam proses ini, jadi pastikan yang kamu klik sudah benar. (Lihat gambar)

Cara Mematikan Windows Defender

3. Kemudian pada jendela bagian kanan, kamu dapat mengklik 2 kali pada opsi Start. Jendela edit DWORD (32-bit) akan muncul, pada kolom value data silahkan ganti menjadi angka 4 kemudian pada opsi Base pilih Hexadecimal. Stelah itu silahkan Klik OK, kmudian kamu bisa melakukan restart komputer untuk melihat hasilnya.

Cara Mematikan Windows DefenderCatatan: Jika kamu berubah fikiran dan ingin mengaktifkan kembali windows defender, kamu bisa melakukan langkah-langkah seperti di atas, tapi pada edit DWORD (32-bit) ganti value menjadi 2, kemudian restart komputer untuk mengaktifkan windows defender kembali.

cara mematikan windows defender

Cara Mematikan Windows Defender Sementara via Services

Untuk cara yang lebih mudah, kamu juga bisa mematikan windows defender semntara menggunakan services yang ada di windows. berikut ini adalah cara mematikan windows defender semenatara menggunakan services:

1. Silahkan buka services, cara untuk membuka services di windows adalah menggunakan Run. Tekan windows + R pada keyboar, kemudian ketikan services.msc pada kolom Run, setelah itu tekan enter.

2. Setelah services di windows terbuka, kamu bisa mulai mencari Windows defender. jika kamu sudah menemukannya, kamu bisa meng-klik kanan dan pilih properties untuk melihat details dan mengubah setting.

cara mematikan windows defender3. Jika sudah terbuka, kemudian arahkan kursor kamu pada tab “general” kemudian pada “start up type” ubah menjadi “disabled“. setelah itu langsung klik apply dan OK. Cara ini akan secara otomatis mematikan windows defender kamu.

cara mematikan windows defenderKemudian jika kamu ingin mengaktifkannya kembali, silahkan ikuti langkah yang sama, tapi pada bagian start up details pilih “Automatic“, kemudian klik Apply dan OK. cara itu akan membuat windows defender aktif kembali.

*Penjelasan: Windows defender di program untuk aktif secara otomatis saat startup windows. jadi ketika kamu mematikan (disabled pada menu startup type) itu sama saja kamu sudah mematikan windows defender.

referensi: microsoft support

Itu tadi adalah beberapa cara mudah mematikan windows defender. semoga tutorial cara mematikan windows defender ini bisa berguna bagi kamudan bisa menjadi sebuah referensi yang bermanfaat. Kamu memang bisa mematikan dan mengaktifkan windows defender sesuka hati sekarang, tapi untuk membuat komputer kamu tetap aman, lebih baik kamu tetap mengaktifkan windows defender setalah kamu sudah berhasil menginstall sebuah software.

Sedikit tips: semua antivirus pada dasarnya dibuat untuk memerangi virus dan malware, tapi kadang antivirus jadi kurang efisien dalam membasmi virus karena virus definition yang sudah outdated, jadi untuk kamu yang menginginkan komputer tetap aman dari virus, usahakan untuk mengupdate antivirus dan virus definition secara berkala, sehingga antivirus lebih efektif.

Adam
Sangat antusias dengan teknologi, Suka traveling, berharap bisa mengembangkan bakat supaya bisa berguna bagi bangsa dan negara. sangat senang berinteraksi dengan kawan-kawan untuk mencari sebuah ide baru! Doa dan Ibadah itu kewajiban.