Cara Mempercepat Shutdown di Windows 10 (Lengkap!)

Cara Mempercepat Shutdown di Windows 10

Shutdown Windows 10 lemot? Tidak masalah, kali ini kita akan membahas bagaimana cara mempercepat shutdown di windows 10. Untuk sebagian orang, tentunya akan merasa jengkel apabila proses shutdown memakan waktu begitu lama sedangkan mereka harus segera melakukan aktifitas yang lainnya. Oleh karena itu kamu bisa menghilangkan beberapa masalah yang membuat windows kamu menjadi lama saat shutdown.

Windows 10 seharusnya mempunyai kecepatan shutdown yang cukup cepat, kecuali terdapat beberapa masalah yang menghambat sehingga shutdown menjadi delay. Saat kamu melakukan proses shutdown, biasanya windows 10 akan menunggu aplikasi-aplikasi yang berjalan untuk ditutup terlebih dahulu. Hal ini adalah penyebab utama yang menyebabkan shutdown windows 10 menjadi sangat lama. Pada tutorial kali ini kita akan mencoba untuk mempercepat shutdown di windows 10 dengan mengedit file registry windows.

Cara Mempercepat Shutdown di Windows 10 Dengan Regedit (Registry Editor)

Cara mempercepat shutdown di windows 10 dengan mengedit file registry lumayan beresiko, jadi setidaknya kamu harus melakukan backup file dan folder yang penting, sehingga jika sesuatu terjadi pada sistem kamu masih bisa mengembalikan file yang penting yang sudah kamu backup sebelumnya. Kali ini kita akan mengurangi timeout untuk meng-kill Service dan App yang masih berjalan saat proses shutdown.

1. Buka registry editor (regedit), caranya tekan Windows + R ketik “regedit” > Enter. atau Klik Start, kemudian ketik “regedit.exe” kemudian klik pada hasil pencarian pertama > regedit.exe (lihat gambar)

regedit 6

2. Saat registry editor sudah terbuka, silahkan navigasikan menuju folder berikut ini:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control

registry editor

3. Kemudian seperti pada gambar yang terlihat diatas, cari “WaitToKillServiceTimeout“. setelah ketemu klik dua kali untuk memodifikasinya.

edit string

4. Setelah kamu mengklik 2 kali pada “WaitToKillServiceTimeout” Edit String akan keluar seperti gambar diatas. Ganti value data default (5000) menjadi 2000 seperti diatas.

*Informasi 5000 maksudnya adalah 5 detik, sedangkan 2000 berarti menjadi 2 detik. Peringatan, jangan mengeset value data dibawah 2000 (2 detik).

5. Kemudian klik OK.

Kamu sudah berhasil mengurangi timeout pada service, selanjutnya adalah mengurangi timeout pada App. cara mengurangi timeout app di windows 10 adalah sebagai berikut:

1. Masih di registry editor. Navigasikan menuju folder berikut ini:

HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop

regedit 7

2. Jika sudah, hampir sama seperti cara diatas. double klik pada “WaitToKillAppTimeOut“.

regedit 8

3. Edit string akan keluar, ganti value data menjadi 2000 seperti gambar diatas. kemudian klik OK.

Dari sini, kamu sudah berhasil untuk mengurangi timeout pada service dan juga App. langkah terakhir adalah menambahkan registry autoendtask.

1. Masih tetap di registry editor, dan masih sama pada folder yang sama:

HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop

2. Kemudian klik kanan pada folder Desktop, kemudian pilih > New > String Value. Kemudian beri nama “AutoEndTasks“.

3. Jika sudah, klik dua kali pada key yang baru saja kamu buat, dan saat edit string terbuka. Isikan Value data dengan angka “1” (Lihat gambar).

regedit 9

Disable Clear Page File

Kamu bisa mencoba untuk mematikan pengaturan mematkan clear page file saat shutdown karena mungkin pengaturan ini membuat shutdown menjadi lama. berikut adalah cara untuk mematikan clear page file:

1. Buka registry editor (tekan Windows + R ketik “regedit” > Enter).

regedit 10

2. Jika registry editor sudah terbuka, silahkan navigasikan ke folder berikut ini:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Session Manager\Memory Management

regedit 11

3. Kemudian Klik dua kali (double click) pada “ClearPageFileAtShutdown” dan ganti Value data menjadi “0” (disabled).

regedit 12

4. Pastikan pada opsi Base adalah “Hexadecimal” seperti pada gambar.

5. Jika sudah terset semuanya, klik OK lalu Restart komputer untuk melihat hasil.

Disable Clear Virtual Memory PageFile

Cara mempercepat shutdown di windows 10 selanjutnya adalah dengan mematikan pengaturan clear virtual memory pagefile sehingga shutdown menjadi lebih cepat.

1. Silahkan buka Local Security Policy (Tekan Windows + R, ketik “secpol.msc” > Enter.)

run 3

2. Kemudian buka “Local Policies” dan “Security Options” disebelah kiri local security policy.

3. Di sebelah kanan “Security Options“, seilahkan Klik dua kali (double click) pada “Shutdown: Clear virtual memory pagefile” untuk membuka properties, kemudian pilih Disable. (lihat gambar)

local security policy

Buat Sebuah Shortcut Shutdown

Jika komputer kamu masih lemot saat proses shutdown, kamu bisa membuat sebuah shutdown shortcut di desktopmu. Shortcut ini tidak hanya memudahkan aksesmu untuk shutdown, kamu juga bisa memilih hibernate, restart atau advanced startup lainnya.

Cara membuat shortcut shutdown di desktop:

1. Silahkan Klik-kanan pada area kosong di desktop kamu, kemudian pilih New > Shortcut.

shortcut

2. Selanjutnya pada kolom Type the location of the item: “shutdown.exe -s -t 00“, kemudian klik Next.

shortcut 1

3. Setelah itu, beri nama pada shortcut tersebut (misalnya adalah “Shutdown.exe“). Kemudian Klik Finish.

shortcut 2

Kamu sudah berhasil membuat sebuah shutdown shortcut. Jika kamu ingin mengubah icon nya sehingga tampilan menjadi lebih keren, silahkan klik kanan pada shortcut tersebut kemudian pilih > Properties > Masuk ke Tab Shortcut > Pilih Change Icon.

Cara Mempercepat Shutdown di Windows 10

Pilih Icon yang kamu inginkan, atau kamu juga bisa menggunakan gambarmu sendiri dengan mengklik “browse”. Jika sudah, klik OK > Apply > OK.

Jadi itu tadi adalah tutorial cara mempercepat shutdown di windows 10. Untuk melakukan cara yang diatas kamu harus berhati-hati karena menggunakan registry editor, jadi jika ada seuatu kesalahan bisa menimbulkan sebuah error. Pastikan kamu melakukan backup filemu terlebih dahulu sebelum mengedit file pada registry editor.

Cara mempercepat shutdown di windows 10 yang terakhir lumayan gampang dan sangat multifungsi, jadi jika kamu mempunyai sebuah shutdown shortcut di desktop, pastinya kamu akan terbantu bukan? dan itu juga akan mempercepat proses shutdown di komputermu.

Semoga tutorial cara mempercepat shutdown di windows 10 ini bisa menjadi referensimu untuk mengatasi masalah yang sedang kamu alami. silahkan tinggalkan komentar dibawah jika kamu masih belum paham mengenai tutorial cara mempercepat shutdown di windows 10 ini, kami akan sangat senang bisa membantumu.

Adam
Sangat antusias dengan teknologi, Suka traveling, berharap bisa mengembangkan bakat supaya bisa berguna bagi bangsa dan negara. sangat senang berinteraksi dengan kawan-kawan untuk mencari sebuah ide baru! Doa dan Ibadah itu kewajiban.