3 Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop (Install dan Fix Bluetooth Driver)

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Bluetooth adalah sebuah teknologi komunikasi (bertukar informasi) nirkabel. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengaktifkan bluetooth di laptop hingga bisa digunakan, termasuk cara mendownload driver bluetooth, install dan hingga bluetooth bisa digunakan. Mungkin sekarang bluetooth sudah jarang digunakan karena teknologi internet yang semakin maju dan berkembang, namun untuk kamu yang masih suka berbagi file offline, kamu masih tetap bisa meggunakan bluetooth sebagai alternatif.

Driver sangat penting untuk membuat perangkatmu berjalan dengan baik. Microsoft juga tidak bisa selalu menyediakan driver native yang sesuai untuk menudukung setiap hardware yang ada di PCmu, termasuk bluetooth. Jadi kamu harus mendownloadnya, menginstall dan memperbaikinya sendiri apabila terjadi sesuatu.

Dengan teknologi wireless yang semakin mainstream, bluetooth sekarang juga semakin digemari, misalnya ketika kamu mempunyai sebuah perangkat speaker yang memungkikanmu untik menyambungkannya dengan bluetooth, tentu saja bluetooth menjadi sangat membantu bukan? Mungkin sebagian orang masih belum tau bagaimana cara mengaktifkan bluetooth di laptop, karena memang secara default kamu harus menginstall drivernya terlebih dahulu untuk bisa menyalakannya.

Cara Menginstall Bluetooth di Laptop

Jika kamu masih belum mempunyai driver bluetooth, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mendownload driver tersebut, kemudian menginstallnya ke komputermu.

Download driver bluetooth yang sesuai dengan sistem windows yang kamu gunakan

Tentu saja jika kamu ingin mendownload sebuah driver, kamu harus menyesuaikannya dengan merk laptop yang kamu punya, struktur file sistem (32 atau 64 bit) dan lainnya. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kamu akan mendownload driver bluetooth yang cocok (compatible).

1. Silahkan buka Control Panel, caranya (Tekan Windows + R, lalu ketik “control” tekan > Enter).

control

2. Saat Control Panel sudah terbuka, pastikan pada View by terset ke “Category“.

category

3. Selanjutnya klik pada “System and Security

system security

4. Kemudian klik pada “System

system 1

5. Disini kamu bisa melihat info umum mengenai laptop yang kamu gunakan, seperti processor, tipe sistem hingga jumlah RAM yang terinstall. Dengan informasi ini, kamu sudah mengetahui driver seperti apa yang akan kamu download nanti. (ingat, setiap laptop mempunyai informasi berbeda-beda).

Untuk melihat informasi seperti ini (general informasi), kamu juga bisa menggunakan cara berikut ini. Buka Windows explorer > Klik kanan pada Computer (my computer), kemudian pilih > Properties.

Hasil informasi yang disajikan sama saja, jadi kamu bisa memilih cara yang menurutmu paling cepat untuk membukanya.

Cara Download Driver bluetooth

Karena sekarang kamu sudah mengetahui informasi umum mengenai spesifikasi laptop yang kamu miliki, sekarang saatnya untuk mendownload driver yang sesuai.

1. Silahkan buka browser yang kamu gunakan (Google chrome, firefox atau Microsoft edge).

2. Masuk ke Google.com dan kemudian ketik keyword yang sesuai dengan processor dan juga driver. Contohnya “Intel bluetooth driver download” atau jika kamu menggunakan processor AMD, kamu juga bisa mencari “AMD bluetooth driver download”. karena dalam contoh ini kita menggunakan processor intel, maka kita gunakan yang intel.

download driver bluetooth

3. Biasanya Google akan dengan otomatis memberikan hasil pencarian yang sesuai dengan sistem yang terdeteksi. Misalnya kamu menggunakan processor Intel, maka kamu harus mendownload drivernya dari web resmi Intel.

driver bluetooth

4. Kemudian download driver yang sesuai dengan sistem yang terinstall dengan laptopmu. Misalnya sistem di laptopmu menggunakan Windows 10, 64-bit, maka kamu harus mendownload driver seperti dibawah.

driver bluetooth 1

5. Tunggu hingga proses download driver selesai.

Biasanya saat kamu membeli sebuah laptop, pasti kamu juga diberi sebuah DVD (DVD bawaan saat kamu membeli laptop) bukan? DVD tersebut berisi driver-driver yang sudah sesuai dengan hardware yang ada pada laptopmu.

Jika kamu masih mempunyai DVD untuk driver yang sesuai dengan laptop, kamu bisa melewati langkah diatas. Kamu hanya cukup untuk membuka DVD tersebut, kemudian mencari driver bluetooth yang kamu butuhkan.

Cara Install Driver Bluetooth

Seteldah berhasil mendownload driver bluetooth, langkah selanjutnya adalah menginstall driver tersebut. Caranya adalah jika kamu mendownload driver tersebut berupa file Rar. atau Zip. kamu harus mengekstraknya terlebib dahulu. Tetapi jika sudah berupa installer, kamu bisa langsung untuk menginstallnya.

1. Klik kanan pada file Driver yang sudah kamu download

2. Pilih Run as administrator

3. Klik Next, dan Agree/Accept ToC.

4. Pilih directory penyimpanan (Driver C biasanya).

5. Next, > Install. Tunggu hingga proses install selesai.

Setelah proses installasi selesai, sebaiknya kamu merestart komputermu terlebih dahulu.

Untuk menjalankan installer driver bluetooth, disarankan menggunakan perintah Run as Administrator untuk membuat hasil install lebih pasti dan juga mengurangi resiko untuk terjadinya error.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop (Pair)

Kamu sudah berhasil menginstall driver bluetooth, selanjutnya adalah cara menyambungkan bluetooth laptop ke perangkat yang ingin kamu gunakan (seperti speaker, printer atau perangkat lainnya). Berikut ini adalah cara pair bluetooth laptop:

1. Silahkan buka Settings. (Tekan Windows + I atau Klik Start lalu pilih > Settings).

settings bluetooth

2. Jika menu Settings sudah terbuka, silahkan klik > Devices.

devices bluetooth

3. Selanjutnya pilih > Add Bluetooth or other device > Klik Bluetooth

bleutooth

4. Aktifkan bluetooth dengan mengubahnya menjadi > ON. Setelah bluetooth ON, kamu bisa mulai melakukan scan perangkat bluetooth lain untuk menghubungkannya.

bluetooth pair

5. Kamu sudah bisa untuk mulai menyambungkan ke perangkat bluetooth yang ingin kamu sambungkan. Mungkin kamu juga akan diminta untuk memasukan kode pair seperti gambar diatas, tergantung pengaturan perangkat yang ingin kamu sambungkan.

Lihat cara dan refrensi lengkap: Cara Pair bluetooth di windows

Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Berfungsi

Jika kamu mengalami masalah bluetooth tidak berfungsi seperti bluetooth tidak terdeteksi dan hal lainnya, kamu mungkin bisa menggunakan scan SFC untuk memperbaikinya. Berikut ini adalah cara mengatasi bluetooth yang tidak berfungsi menggunakan cmd scan SFC.

1. Buka CMD. Silahkan klik Start, lalu ketik cmd, kemudian klik kanan pada hasil pencarian Command Prompt, lalu pilih Run as Administartor

2. Saat cmd (Command Prompt) sudah terbuka, silahkan ketik “sfc /scannow” lalu tekan > Enter.

 

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

3. Tunggu hingga proses scan SFC selesai. setelah itu Restart laptop.

Jika cara ini masih belum menyelesaikan masalahmu, kamu harus mencoba untuk mengupdate driver atau mereinstal driver bluetooth yang sudah terpasang lewat device manager.

Seperti yang kamu lihat, cara mengaktifkan bluetooth di laptop tidaklah sulit, jika kamu masih belum mempunyai driver yang terinstall, maka kamu harus mendownloadnya terlebih dahulu. Jangan lupa saat kamu mendownload driver tersebut, pastikan bahwa driver sesuai dengan merk laptop, processor dan juga sistem yang kamu gunakan, sehingga tidak terjadi error saat proses installasi.

Cara mengaktifkan bluetooth seperti pair dan yang lainnya juga cukup mudah, setelah kamu berhasil untuk mendownload dan menginstall drivernya, kamu hanya tinggal masuk ke Settings, lalu pilih Devices > Bluetooth & other devices > Bluetooth dan kemudian aktifkan Bluetooth.

Semoga artikel mengenai tutorial cara mengaktifkan bluetooth dilaptop ini bisa membantumu, silakan tinggalkan komentar dibawah jika kamu mampunyai sebuah pertanyaan menganai topik ini, kamu akan sangat senang bisa membantumu.

Adam
Sangat antusias dengan teknologi, Suka traveling, berharap bisa mengembangkan bakat supaya bisa berguna bagi bangsa dan negara. sangat senang berinteraksi dengan kawan-kawan untuk mencari sebuah ide baru! Doa dan Ibadah itu kewajiban.