3 Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10

Kali ini kita akan mengulas tentang cara mengatasi blue screen windows 10. Sebelumnya kita juga sudah mengulas bagaimana cara mengatasi blue screen windows 7. Blue screen atau blue screen of death (BSOD) tentunya merupakan sesuatu yang menjengkelkan dan kamu tidak ingin hal tersebut terjadi pada komputer kamu.

Tentu saja penyebab blue screen windows 10 paling sering terjadi adalah saat upgrade windows. Biasanya hal itu terjadi ketika komputer memulai startup, tapi hal yang paling ekstrim adalah ketika kamu sedang menggunakannya untuk mengerjakan sesuatu tiba-tiba muncul blue screen (dalam sebagain kasus). Biasanya kamu akan melihat pesan seperti ini “Your PC ran into a problem and needs to restart. We’re just collecting some error info, and then we’ll restart for you.” atau terdapat beberapa kode kode seperti (VIDEO_TDR_TIMEOUT_DETECTED, PAGE_FAULT_IN_NONPAGE_AREA, CRITICAL_PROCESS_DIED, SYSTEM_SERVICE_EXCEPTION, or IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL) hingga angka seperti ini (0x000000D1, 0x0000000A, or 0x0000007B) itu semua sangat mungkin terjadi.

blue screen of death atau stop error memang sangat kompleks, tapi biasanya hal tersebut berkaitan dengan update windows yang belum compatible, software yang tidak compatible, pengaturan driver yang salah serta driver yang tidak compatible. hal-hal tersebut sangat mungkin untuk menyebabkan adanya blue screen di komputer kamu.

Ya tapi tentu saja blue screen bukan berarti tidak ada pencegahannya. untuk mencegah terjadinya blue screen, kamu bisa sering melakukan pengecekan terhadap komputer kamu seperti mengecek hardware, mengecek kompatibility software dan driver yang ingin di install serta mencoba untuk mengecek versi BIOS. Karena salah satu dari beberapa penyebab blue screen of death adalah karena BIOS yang outdated (sudah jadul).

Pada artikel kali ini, kita akan membahas 3 topik penting mengenai cara mengatasi blue screen di windows 10.

  • Cara mengatasi blue screen saat upgrade windows 10
  • Cara mengatasi blue screen tanpa akses desktop windows 10
  • Cara mengatasi blue screen dengan akses desktop windows 10

Cara Mengatasi Blue Screen Saat Upgrade Windows 10

Saat kamu mencoba mengupdate atau upgrade windows 10, kemungkinan terjadi error seperti file yang corupt, file yang terdamaged, atau terjadi masalah dengan antivirus sangatlah umum. Biasanya jika memang terjadi sebuah “critical errors” maka windows akan secara otomatis membatalkan proses upgrade dan mengembalikan windows ke installan sebelumnya. Tapi sayangnya error yang sudah terjadi biasanya belum hilang.

Jika kamu mengalami error pada saat proses upgrading, cara mengatasi error saat upgrading adalah menguninstall software yang tidak dibutuhkan, membersihkan semua file terdownload yang jelek (corupt, damaged dll) atau kamu juga bisa melakukan “fresh install” update windows 10 terbaru.

Uninstall Aplikasi

1. Silahkan buka Settings

2. Klik pada Apps

3. Klik pada Apps & Faetures

4. Kemudian cari dan uninstall software atau aplikasi yang mungkin menimbulkan error. (biasanya software yang baru saja di install sebelum melakukan upgrade).

uninstall aplikasi

5. Jika kamu sudah menemukan software yang membuat error tersebut, silahkan Uninstall.

Kamu dapat menguninstall software lain yang menurutmu dapat membuat proses upgrade menjadi error, kamu dapat dengan mudah menginstallnya kembali ketika proses upgrade selesai, jadi jangan khawatir.

Download Files Upgrade Lagi

Seperti yang sudah dikatakan diatas bahwa salah satu penyebab blue screen adalah karena file update yang rusak (damaged atau corrupt) sehingga membuat sistem menjadi error dan menampilkan blue screen. Cara untuk mengatasi blue screen semacam ini adalah dengan mendownload file upgrade yang tersedia. sebelumnya kamu harus membersihkan file yang sudah terdownload dahulu, kemudian baru kamu mendownloadnya lagi untuk, ikuti langkah berikut ini:

1. Silahkan buka Settings seperti biasa.

2. Klik pada System

3. Kemudian klik pada Storage

4. Di bawah menu “storage sense” silahkan Klik opsi “Free up Space now”. (Lihat gambar)

Free up space now windows 10

5. Setelah itu, silahkan kosongkan opsi yang dipilih sebelumnya dan Centang hanya pada opsi Temporary Windows installation files

Free up space now windows 10 1

6. Kemudian langsung saja klik Remove files

Setelah kamu menyelesaikan proses ini, kamu bisa mendownload lagi update windows 10 yang tersedia. File yang rusak atau corrupt sudah terhapus, seharusnya proses upgrade akan berjalan lancar. Tapi jika saja masih terjadi error, kamu bisa mencoba untuk mendownload update dengan metode yang lainnya.

Disconnect semua hardware yang tidak dibutuhkan dalam proses upgrade

Proses upgrade hanya memperlukan keyboard, mouse, monitor dan internet. Jadi untuk meminimalisir terjadinya error blue screen, kamu bisa mendisconnect beberapa hardware yang tidak digunakan saat proses upgrade seperti hard disk eksternal, printers, USB atau secondary monitor. Kamu bisa menyambungkannya kembali saat proses upgrade selesai.

Lakukan Clean Installation

Mungkin ini adalah cara paling aman untuk menghindari blue screen. Daripada kamu susah-susah untuk mengupgrade windows yang beresiko sistem yang error, kamu bisa mencoba untuk melakukan clean installation. Namun sebelum kamu melakukan clean installation, kamu harus tau terlebih dahulu bagaimana cara membuat bootable flashdisk windows 10. Kamu juga harus tau Bagaimana mengatur BIOS agar Komputer Booting dari USB Flashdisk.

Jika kamu sudah mengetahui cara membuat bootable flashdisk windows 10 dan tau bagaimana cara mengatur BIOS agar komputer booting dari USB Flashdisk, kamu bisa memulai proses ini. Untuk masuk ke BIOS, biasanya kamu harus menekan tombol (F1, F2, F3, F10, atau F12 – setiap merek berbeda) pada komputer kamu tepat saat pertama komputer kamu nyalakan. –> Masuk ke “Boot” settings pada BIOS kemudian pilih “start from the USB bootable drive” atau bisa saja boot priority –> USB Bootable drive, kemudian save changes.

1. Bootable flashdisk windows 10 harus terpasang sebelum saat komputer baru dinyalakan.

2. Kemudian pada Windows setup, klik Next.

3. Kemudian Klik Install Now

install windows 10

4. Kemudian klik pada “I don’t have a product key” untuk mempercepat proses installasi atau mengasumsikan bahwa windows kamu sudah di aktivasi.

5. Selanjutnya, silahkan pilih versi windows yang ingin kamu install (sesuaikan dengan komputer dan aktivasi product key mu).

windows 10 versions

6. Lalu klik Next, dan centang pada “I accept the license terms

7. Kemudian klik Next lagi dan pilih opsi “Custom: Install Windows only (Advanced)

Install windows only

8. Silahkan pilih partisi windows yang saat ini kamu gunakan untuk menginstall windows (Biasanya Drive 0), Klik Delete untuk menghapus partisi dari Drive.

partisiTips singkat: Jika kamu mempunyai lebih dari satu primary drive (drive 0), kamu bisa menghapus partisi tersebut. Setup akan secara otomatis merecreate partisi yang dibutuhkan saat proses installasi secara otomatis.

9. Pilih pada drive kosong yang mempunyai nama “Drive 0 Unallocated Space.” Kemudian Klik Next.

10. Selesai.

Setelah kamu melalui langkah diatas, kamu sudah berhasil untuk melakukan clean install, hal ini akan meminimalisir kemungkinan terjadinya blue screen atau error yang semacamnya.

Cara Mengatasi Blue Screen Tanpa Akses Desktop Windows 10

Biasanya kamu masih tetap bisa menggunakan komputer kamu setelah error blue screen terjadi dengan cara merestart komputer atau PC secara paksa, namun tentu saja beberapa kasus akan berbeda ketika kamu mencoba merestart komputer, kamu sudah tidak bisa mengakses desktop kembali.

Berikut ini adalah cara mengatasi blue screen windows saat kamu sudah tidak bisa mengakses desktop komputer:

1. Pastikan kamu mempunyai bootable flashdisk windows 10 untuk masuk ke advanced startup. -> Masuk ke BIOS untuk mengganti boot priority menjadi ke USB, sehingga kamu dapat mengakses bootable flashdisk tersebut.

2. Klik Next, dan kemudian Pilih “Repair your computer” (Lihat gambar)

repair your computer

Selanjutnya, kita akan menuju restore point untuk mengatasi error blue screen ini. berikut ini adalah cara mengatasi blue screen windows 10 dengan restore point.

1. Masuk ke Advanced Startup. Catatan: Jika kamu menggunakan bootable flashdisk, kamu bisa melihat opsi Troubleshoot.

2. Klik pada opsi Troubleshoot tersebut.

troubleshoot

3. Kemudian klik pada “Advanced Options” > Klik “System Restore” > Klik Next

restore point

4. Kemudian kamu dapat melihat restore point yang tersedia seperti di atas. Silahkan klik pada “Scan for affected programs” untuk melihat aplikasi apa saja yang terpengaruh setelah restore point dibuat.

5. Kemudian klik Close > Next > Finish.

restore point 1

Setelah kamu melakukan langkah di atas, system restore akan secara otomatis menghapus update, driver dan konfigurasi yang membuat sistem menjadi error.

Cara Mengatasi blue screen dengan safe mode

1. Lakukan langkah 1 dan 2 seperti cara di atas untuk masuk ke “Advanced Options”

2. Selanjutnya klik Startup Settings

startup settings

3. Kemudian klik “Restart

restart

4. Langkah selanjutnya adalah klik F4 (atau 4) Setelah komputer kamu rebot untuk mengaktifkan Safe Mode.

safe mode

Ketika kamu sudah berhasil masuk ke safe mode windows 10, kamu bisa menginstall software atau driver yang bermasalah yang menyebabkan blue screen error.

Cara uninstall update windows 10

1. Masuk ke Control Panel > Klik Uninstall Programs > Klik View installed updates

view installed update2. Klik kanan pada update terbaru

3. Pilih Opsi Uninstall (lihat gambar)

uninstallPastikan kamu menguninstall update yang membuat komputer kamu menjadi error. Selain itu, kamu juga bisa mengecek driver. blue screen juga bisa terjadi karena driver yang tidak kompatible.

Cara uninstall driver windows 10

1. Klik Start > Cari “Device Manager” kemudian buka Device Manager.

2. Cari device yang menyebabkan masalah atau error.

3. Klik kanan pada device tersebut dan klik Uninstall device. > Klik OK untuk mengkonfirmasi.

Silahkan restart komputer untuk melihat hasil, apakah masih menampilkan blue screen atau tidak. Intinya adalah penyebab blue screen itu drivers yang tidak kompatible, software yang tidak kompatible, update/upgrade windows (files rusak/corrupted).

Jadi cara mengatasi blue screen windows 10 adal beberapa cara seperti

  • Menjalankan System restore
  • Melakukan clean install (windows 10)
  • Menguninstall software yang bermasalah/tidak kompatible
  • Menguninstall driver yang tidak kompatible

Untuk sebagian kasus, mungkin ada pengaturan tertentu yang membuat sistem menjadi crash, tapi sejauh ini kamu bisa mengatasi blue screen dengan beberapa cara yang sudah disebutkan diatas. semoga artikel cara mengatasi blue screen windows 10 ini bisa menjadi referensi dan membantu menyelesaikan masalah kamu.

Refrensi:
Adam
Sangat antusias dengan teknologi, Suka traveling, berharap bisa mengembangkan bakat supaya bisa berguna bagi bangsa dan negara. sangat senang berinteraksi dengan kawan-kawan untuk mencari sebuah ide baru! Doa dan Ibadah itu kewajiban.