4 Cara Mengatasi Consider Replacing Your Battery Mudah

4 Cara Mengatasi Consider Replacing Your Battery Mudah

Pesan error seperti Consider Replacing Your Battery biasanya terjadi ketika terjadi suatu masalah pada komputer atau laptop kamu. namun tidak serta merta itu terjadi karena kesalahan dari laptop, biasanya ada juga faktor penyebab lain error Consider Replacing Your Battery seperti karena adanya Bug pada windows yang kamu gunakan.

Microsoft mengatakan pada sebuah kasus bahwa pesan Consider Replacing Your Battery mungkin terjadi karena model laptop yang mempunyai komponen lama (belum compatible dengan windows 7, 8 dan 10) karena pada sistem firmware BIOS memberikan sebuah laporan kapasitas baterai yang salah ke operating system (OS), sehingga windows secara otomatis akan memberikan pesan error Consider Replacing Your Battery.

Penyebab error Consider Replacing Your Battery:

Hanya sedikit kemungkinan muncul error Consider Replacing Your Battery karena adanya bug dari windows, di tambah lagi Microsoft juga mengatakan bahwa mereka akan memberikan sebuah update untuk mengatasi error tersebut. Tapi perlu kamu ketahui bahwa error tersebut juga bisa terjadi karena hal-hal berikut ini:

  • Baterai mu memang sudah usang dan harus diganti
  • Windowsmu tidak memiliki update versi terbaru
  • Kamu masih tetap menancapkan charger meskipun sudah penuh
  • Kamu sering plug in dan plug out saat proses charging
  • Menginstall sebuah software atau driver yang tidak compatible

Penyebab error Consider Replacing Your Battery setiap laptop dan pengguna berbeda beda, jadi kamu harus bisa mengidentfikasinya untuk bisa menentukan solusi terbaik cara mengatasi Consider Replacing Your Battery.

Cara Mengatasi Consider Replacing Your Battery

Update Windows untuk Fitur Opsional

Microsoft mengatakan bahwa mereka sudah memberikan update yang akan menghapus error Consider Replacing Your Battery. Namun hal itu dapat bekerja apabila sistem memang mendeteksi adanya kesalahan, jadi jika memang baterai kamu sudah usang kamu memang harus menggantinya.

Cara untuk update windows cukup mudah, Kamu bisa mengunjungi halaman berikut ini: http://update.microsoft.com/ atau

1. Klik Start, kemudian cari dan Klik Control Panel

2. Kemudian jika control panel sudah terbuka, Klik pada > System, lalu Klik pada tab Automatic updates ATAU jika kamu menggunakan control panel versi windows 8 atau 10, Klik pada Performance and Maintenance lalu Klik > System dan Klik > Automatic Updates

3. Lalu silahkan pilih semua update file yang penting, kamu bisa mengabaikan update bahasa. Kemudian setelah update selesai, restart Laptop.

Untuk pengguna Windows 7, kamu bisa menggunakan update Windows 1 Service Pack 1 (SP1) untuk menghilangkan error tersebut. Cukup ikuti instruksinya disini Windows 1 Service Pack 1 (SP1)

Biasanya mengupdate windows akan membuat laptop kamu mengalami restart sebanyak 2 sampai 3 kali, itu tidak masalah tunggu saja hingga proses selesai.

Update Driver Baterai Laptop

1. Silahkan Klik Start, kemudian Klik kanan pada Komputer dan pilih Properties > Klik Device manager. Atau Klik start, kemudian ketik “device manager” kedua cara sama asalkan bisa masuk ke device manager.

2. Setelah device manager terbuka, pilih Batteries

batteries

3. Terdapat 3 pilihan disana, Klik kanan pada > Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery

4. Lalu klik Uninstall (seperti pada gambar)

5. Restart Laptop, dan tunggu proses hingga windows menginstall driver secara otomatis.

Langkah Lanjutan

1. Silahkan lakukan pengisian baterai hingga 100% dan jangan dilepas terlebih dahulu chargernya

2. Restart laptop dan masuk ke Safe Mode

3. Silahkan lepas charger jika kamu sudah bisa masuk ke safe mode

4. Biarkan Laptop menyala hingga baterai habis dan mati sendiri

5. Restart laptop secara normal dan lakukan pengisian baterai, Selesai.

 

Biasakan Isi Baterai Hingga Penuh Sebelum Mencabutnya

Mungkin ini adalah sebuah kebiasaan bagi sebagian orang, atau karena memang dituntut untuk tetap aktif sehingga tidak sempat mengisi baterai laptop hingga penuh. Tapi alangkah baiknya jika di coba terlebih dahulu, cobalah untuk membiasakan mengisi baterai hingga penuh sebelum mencabutnya, karena hal tersebut sangat berpengaruh pada kesehatan baterai kamu.

Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah jangan suka plug in dan plug out charger saat proses pengisian baterai, selain itu tidak bagus untuk kesehatan baterai hal itu juga dapat merusak laptopmu. cobalah untuk sabar menunggu setidaknya hingga baterai mencapai 95% dan baru lakukan pengisian baterai kembali saat daya sudah 10% hingga 15% saja.

Hide Pesan Consider Replacing Your Battery

Kalau kamu ingin cara cepat untuk menghilangkan pesan error seperti Consider Replacing Your Battery, kamu bisa mencoba untuk menyembunyikan pesan tersebut.

1. Silahkan Klik kanan pada icon baterai di pojok kanan bawah (taskbar Windows), kemudian klik Power Options.

Power Options

2. Kemudian setelah jendela baru keluar, pilih Change plan settings. Disini saya memilih High performance. kemudian klik “Change advanced power settings”

change plan settings

3. Lalu jendela Power Options akan terbuka, silahkan scroll down dan cari opsi “Battery”

power opstions

Lakukan pengaturan seperti dibawah ini:

  • Low battery level (on Battery): 7%
  • Critical battery level (on battery): 5%
  • Reserve battery level (on battery): 3%

4. Setelah itu, silahkan scroll down dan cari “Low battery action” kemudian pilih pada “Do nothing”. Cara tersebut seharusnya bisa menghide pesan error.

5. Selesai.

Untuk mengatasi error Consider Replacing Your Battery, kamu juga harus melihat fisik baterai, jika memang itu sudah lama dan sudah usang, lebih baik kamu segera menggantinya, karena kesalahan error tersebut bukan hanya terjadi karena kesalahan sistem saja.

Terimakasih sudah menyimak tutorial mengatasi Consider Replacing Your Battery ini, jika ada hal yang ingin kamu tanyakan, silahkan tinggalkan komentar dibawah.

Adam
Sangat antusias dengan teknologi, Suka traveling, berharap bisa mengembangkan bakat supaya bisa berguna bagi bangsa dan negara. sangat senang berinteraksi dengan kawan-kawan untuk mencari sebuah ide baru! Doa dan Ibadah itu kewajiban.