5 Cara Mengatasi Data Error Cyclic Redundancy Check (CRC)(Solved!)

Cara Mengatasi Data Error Cyclic Redundancy Check

Apa itu Cyclic Redundancy Check (CRC)? Error CRC adalah sebuah metode pendeteksi kesalahan kode atau data yang digunakan untuk memverifikasi data. Kamu mungkin akan menemukan pesan error seperti ini saat sedang mengakses sebuah file pada hard drive atau disk eksternal. Cyclic Redundancy Check Error juga dapat mencegahmu untuk mengakses data pada hardiskmu. Error ini mengindikasikan bahwa ada suatu kesalahan yang terjadi pada disk atau data.

Yang harus kamu lakukan saat kamu menerima pesan error CRC adalah kamu harus secepatnya untuk melakukan backup pada data-datamu yang penting. error Cyclic Redundancy Check adalah sebuah tanda bahwa terdapat sebuah kesalahan yang terjadi pada hard drive, misalnya adalah bad sector. Berikut ini adalah pesan yang mungkin akan kamu terima saat error ini terjadi:

  • “Drive not accessible, data error cyclic redundancy check”.
  • “Cannot initialize disk: cyclic redundancy check”.

Pesan ini mungkin akan kamu temui saat kamu akan membuka sebuah partisi drive atau dalam kasus yang lain mungkin sistem akan menyuruh melakukan format terlebih dahulu.

Penyebab Data Error Cyclic Redundancy Check (CRC)

Lalu bagaimana error cyclic redundancy check bisa terjadi? ada banyak hal yang dapat menyebabkan error ini. Berikut ini adalah beberapa penyebab data error cyclic redundancy check yang mungkin paling sering terjadi pada eksternal hard drive atau perangkat penyimpanan lainnya:

  • Registry yang Corrupt
  • Intallasi sebuah program yang terganggu (interruption in installations of programs)
  • Kesalahan konfigurasi pada sistem file
  • Data yang corrupt di sistem registry
  • Bad sectors pada hardisk
  • Komunikasi jaringan yang buruk
  • Serangan virus atau malware

Kode error CRC terjadi ketika sistem mendeteksi perubahan yang tidak disengaja pada data raw. Hal ini sering terjadi ketika Windows mendeteksi sebuah perubahan pada drive utama dan gagal untuk mengenali drive yang terhubung ke komputer kamu.

Cara Mengatasi Data Error Cyclic Redundancy Check (CRC)

Berikut ini adalah beberapa tips dan juga tutorial bagaimana cara mengatasi CRC.

Melakukan Cek Disk

1. Buka cmd. Klik start, kemudian ketik “cmd“. klik kanan pada Command Prompt, pilih Run as Administrator.

cmd 19

2. Cari drive letter (D,F atau lainnya) pada partisi yang mengalami error CRC.

3. Jika sudah kamu tentukan drive yang bermasalah, ketik “chkdsk drive letter: /f” pada cmd. ganti “drive letter” dengan drive letter komputer kamu yang bermasalah. misalnya adalah drive D, maka command yang kamu tulis di cmd menjadi “chkdsk D: /f“.

cmd 20

Seperti yang sudah saya katakan pada post sebelumnya. jika kamu menggunakan /f paramater pada command, kamu hanya akan disajikan sebuah informasi disk yang bermasalah, tapi tidak diperbaiki. Oleh karena itu kamu harus menggunakan parameter /r (repair) untuk memperbaiki nya. Sehingga command yang harus kamu ketik setelah menggunakan prameter /f adalah parameter /r. Selesaikan proses diatas, kemudian lanjutkan dengan /r.

Jadi misalnya kamu sudah menyelesaikan proses dengan command “chkdsk D: /f” maka command selanjutnya adalah “chkdsk D: /r” untuk memperbaikinya.

cmd 21

*Jika kamu menggunakan windows 7, silahkan buka windows explorer seperti biasa, kemudian cari drive yang ingin kamu cek, misalnya C. Maka klik kanan pada drive C, kemudian pilih > Properties > Masuk ke tab Tool. Kemudian dibawah “Error checking” pilih lalu klik > Check dan centang pada “Automatically fix system file errors”.

Tunggu hingga proses selesai.

Cara Mengatasi Error Cyclic Redundancy Check Dengan Scan SFC

SFC atau file sistem checker adalah sebuah tool yang men-scan semua file sistem yang terlindungi pada sistem operasi termasuk file registry dan mengganti mereka dengan salinan dari folder yang ter-cach. Tapi metode ini bisa menghilangkan datamu jika error yang terjadi adalah karena serangan virus atau bad sector.

Berikut ini adalah cara mengatasi CRC dengan SFC karena data registry yang corrupt.

1. Buka Start, ketik “cmd” kemudian klik kanan pada Command Prompt lalu klik Run as Administrator (seperti cara diatas).

2. Kemudian saat cmd (command prompt) sudah terbuka, ketik “sfc /scannow” > Enter. (*lihat gambar dibawah).

cmd 22

3. Tunggu hingga proses selesai.

4. Saat proses sudah selesai dan kamu melihat pesan “Windows Resource Protection found corrupt files and successfully repaired them”, silahkan Restart komputermu.

5. Setelah restart, coba buka drive yang bermasalah, seharusnya masalah CRC sudah berhasil diperbaiki.

*Catatan, jika diakhir proses kamu melihat pesan seperti “Windows Resource Protection found corrupt files but was unable to fix some of them” maka kamu harus mencari sebuah software recovery yang terpercaya untuk membantumu memperbaiki maslahmu.

Format Hard Drive

Sebenarnya ini merupakan salah satu pilihan terakhir, jadi jika solusi diatas masih belum bisa menyelesaikan masalah drive error CRC, seharusnya memformat hard drive kemudian mengembalikannya ke pengaturan default akan bisa memperbaikinya. perlu diingat bahwa memformat hard drive berarti akan menghapus semua file dan folder yang kamu simpan dalam drive tersebut, jadi pikirkanlah dengan bijak sebelum melakukan langkah ini.

Cara format drive dengan cmd yang benar:

1. Silahkan buka cmd. klik Start, ketik “cmd” kemudian Klik kanan pada Command Prompt dan pilih Run as Administrator.

2. Jika cmd sudah terbuka, contoh kita akan memformat drive C sebagai exFAT, maka comand yang kamu tulis adalah “C: /FS:exFAT”. (Silahkan sesuaikan dengan drive bermasalah yang ingin kamu format).

cmd 23

3. Tunggu proses format hingga selesai.

Jika kamu tidak familiar dengan menggunakan cmd, kamu bisa memformat drive yang bermasalah menggunakan Disk Management yang lebih mudah. berikut ini adalah cara forma drive dengan disk management:

1. Buka Disk Management. Klik Start, kemdian ketik “disk management” > Kemudian pilih Disk Management Utulity.

2. Jika disk management sudah terbuka, silahkan Klik kanan pada drive yang ingin kamu format, kemudian pilih > Format.

disk management 3

3. Silahkan ikuti instruksi yang ada untuk mengkustomisasi format, jika sudah klik OK.

4. Tunggu hingga proses format selesai.

5. Saat format sudah selesai, kamu bisa menggunakan drive mu kembali, dan coba untuk menginstall update lagi untuk melihat apakah masalah sudah terselesaikan.

*Peringatan, tolong diingat sekali lagi bahwa memformat drive akan menghilangkan semua file dan folder yang ada pada drive tersebut, jadi silahkan gunakan langkah ini secara bijak.

Bersihkan File Temporary (Junk Files)

Cara paling simpel dan paling cepat untuk membersihkan file temporary adalah dengan menggunakan Disk cleanup. Temporary file atau yang dikenal dengan junk files (file sampah) dapat menyebabkan masalah perfroma komputer dan juga bisa menjadi penyebab beberapa error salah satunya adalah ERROR_CRC. Berikut ini adalah cara untuk membersihkan junk files (temporary file) dengan menggunakan disk cleanup:

1. Klik Start, kemudian ketik “Disk Cleanup“. Klik pada hasil pencarian pertama (lihat gambar)

disk cleanup 2

2. Jika sudah terbuka, silahkan pilih disk yang ingin kamu bersihkan (misalnya disk C).

disk cleanup 3

3. Klik pada “Clean up system files” dan tunggu proses selesai.

Ubah Drive Letter Seperti Sebelumnya

kadang error Cyclic Redundancy Check terjadi setelah kamu mengubah drive letter, jadi solusinya adalah dengan mengembalikan drive letter seperti sebelumnya.

1. Klik Start, ketik “Disk Management“, kemudian klik hasil pencarian pertama (Disk Management Utulity).

2. Silahkan pilih drive yang bermasalah, kemudian Klik kanan > Pilih Change driver letters and paths

disk management 4

3. Selanjutnya klik pada Change > Pilih Restore the previous driver letter > OK. Restart PC.

Gunakan Diskpart

Cara terakhir adalah dengan menggunkan command diskpart untuk mengatasi data error cyclic redundancy check (CRC). Diskpart adalah sebuah tool yang sangat kuat untuk management drivemu, jadi kesalahan sedikit saja dapat menghancurkan sistem. Jadi putuskan untuk menggunakan cara ini dengan resiko ditanggung masing-masing.

1. Buka cmd, klik Start, lulu ketik “cmd“, Klik kanan pada Command Prompt dan pilih Run as Administrator.

2. Setelah cmd terbuka, silahkan ketik “list disk” > Enter untuk mengidentifikasi semua disk yang tersedia.

 

Cara Mengatasi Data Error Cyclic Redundancy Check (CRC)

3. Kemudian ketik “select volume X” (ganti “X” dengan angka pada volume pada perangkat).

4. Lalu ketik “clean” > Enter. Command ini untuk membersihkan drive yang sudah kamu pilih (select) diatas.

5. Langkah selanjutnya adalah membuat partisi baru dengan menggunakan command. Silahkan ketik “create partition primary” > Enter.

6. Kemudian ketik “select partition 1” untuk memilih partisi yang baru saja ditambahkan.

7. Lalu ketik “activate” untuk mengaktifkan partisi yang baru saja dibuat.

8. Selanjutnya ketik lagi “format FS=NTFS label=[silahkan masukan “letter/huruf (DFG) untuk drive barumu] quick” > Contoh: format FS=NTFS label=D quick

9. Langkah terakhir ketik “assign letter=D” (silahkan ganti “D” dengan huruf yang ingin kamu tetapkan pada disk).

Cara mengatasi data error cyclic redundancy check (CRC) menggunakan command diskpart cukup beresiko jika kamu tidak familiar dengan command prompt (cmd) dan disk management. Saya lebih menyarankan cara-cara yang lain, kamu harus didampingi oleh orang yang mengerti cmd jika kamu ingin menggunakan command diskpart ini, karena sekali ada kesalahan bisa merusak sistem di komputermu.

Oke, itu tadi adalah tutorial cara mengatasi data error cyclic redundancy check (CRC). Saran saya adalah gunakan cara pertama, kedua dan ketiga karena lebih mudah jika dilakukan oleh pemula. seringlah untuk melakukan diskcleanup juga, sehingga komputer menjadi ringan dan bisa mencegah error seperti cyclic redundancy check (CRC).

Silahkan tinggalkan komentar dibawah jika kamu memiliki pertanyaan mengenai data error cyclic redundancy check (CRC) ini, kami akan mencoba untuk membantumu menyelesaikan masalah mengenai error CRC ini.

Adam
Sangat antusias dengan teknologi, Suka traveling, berharap bisa mengembangkan bakat supaya bisa berguna bagi bangsa dan negara. sangat senang berinteraksi dengan kawan-kawan untuk mencari sebuah ide baru! Doa dan Ibadah itu kewajiban.