7 Cara Mengatasi Laptop Langsung Masuk BIOS Saat Dinyalakan (Fixed)

Cara Mengatasi Laptop Langsung Masuk BIOS

Apakah kamu pernah mengalami kejadian seperti laptop langsung masuk BIOS saat kamu pertama menyalakannya? Hal seperti ini sebenarnya bukanlah sesuatu yang jarang dan mungkin banyak orang yang menemui masalah seperti ini, salah satunya adalah masalah tentang boot seperti laptop tiba-tiba langsung masuk BIOS.

Tentu saja masalah ini bisa sangat mengganggu aktifitas karena kamu jadi tidak bisa melakukan aktivitas secara normal dengan laptop yang kamu miliki. ada beberapa penyebab laptop langsung masuk bios saat kamu menyalakannya.

Penyebab Laptop Langsung Masuk BIOS Saat Startup

Masalah laptop yang tiba-tiba langsung masuk Bios mengindikasikan terjadinya kesalahan pada sistem. Karena sistem tidak akan bergerak tanpa adanya perintah. Berikut ini adalah beberapa penyebab masalah laptop langsung masuk bios saat pertama dinyalakan:

  • Pengaturan BIOS yang salah
  • Hardware yang Bermasalah
  • Tombol Pada Keyboard Yang Tertekan Secara Tidak Sengaja
  • Kesalahan Boot Device
  • Update Yang Gagal (Sistem Corrupt)
  • Masalah Baterai

Hal diatas adalah beberapa penyebab laptop langsung masuk BIOS yang paling sering di temui dan sering terjadi pada pengguna windows.

Cara Mengatasi Laptop Langsung Masuk BIOS

Reset Pengaturan BIOS

Biasanya hal ini terjadi saat kamu mencoba untuk mengutak-atik pengaturan pada BIOS, dan mungkin terjadi sebuah kesalahan yang tidak kamu sadari. Solusi untuk mengatasi hal seperti ini adalah dengan mengembalikannya ke Settingan pabrik (reset setting). Mereset ke settingan default adalah cara paling simple dan paling aman yang bisa kamu lakukan pada keadaan seperti ini. Berikut ini adalah cara untuk melakukannya.

BIOS 2

1. Karena kamu sudah masuk BIOS, arahkan ke tab Configuration

2. Kemudian pilih Reset to default settings. (Load Default Options)

3. Exit and Save changes.

Kemudian laptop akan merestart dengan sendirinya. Jika masalah masih belum terselesaikan, coba cari solusi lainnya yang berhubungan dengan booting.

Reset Baterai CMOS

Baterai juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya error ini, yang harus kamu lakukan hanyalah melakukan reset baterai CMOS. Jangan khawatir, cara reset baterai CMOS di laptop tidaklah terlalu sulit, ikuti langkah berikut ini:

1. Matikan Laptop

2. Cabut Baterai untuk beberapa saat

3. Pasang kembali dengan benar

4. Pastikan bahwa baterai terpasang dengan benar

5. Reboot laptop

Iya benar, jadi cara mereset baterai CMOS adalah hanya dengan mencabut baterai laptop beberapa saat, kemudian memasangnya kembali, dengan begitu baterai CMOS akan tereset secara otomatis.

Cek Kemungkinan Hardware Bermasalah

Mungkin kamu baru saja mengupgrade laptop yang kamu miliki, atau laptop kamu baru saja terbentur, hal tersebut bisa menyebabkan terjadinya error karena hardware tidak berjalan dengan lancar. Solusi untuk mengatasi hal seperti ini adalah dengan:

1. Coba lepaskan semua hardware yang masih terhubung, misalnya hard drive eksternal, keyboard eksternal atau mouse yang masih menancap.

2. Coba Restart Laptop

Jika error masih terjadi, cobalah untuk mengecek perangkat eksternal lain yang mungkin bisa menyebabkan masalah ini.

Bersihkan Keyboard atau Perbaiki Keyboard yang Rusak

Sebenarnya ini adalah masalah yang paling klasik yang sering ditemui, kadang orang sering tidak sadar bahwa yang error sebenarnya adalah keyboard mereka. Jadi ketika keyboard tertekan secara tidak sengaja atau terjadi error karena keyboard kotor maka hal itu dapat menyebabkan laptop langsung masuk bios saat kamu baru pertama menyalakan laptop.

Logikanya adalah sama saat kamu hendak masuk ke BIOS saat kamu ingin melakukan beberapa pengaturan di BIOS. Biasanya kamu akan menekan tombol F9 atau F12 saat laptop baru pertama dinyalakan bukan? nah, karena terjadi error (keyboard kotor) atau keyboard tertekan secara tidak sengaja, maka laptop langsung masuk BIOS karena tombol sudah tertekan karena error. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan Melepas tombol keyboard yang digunakan untuk masuk ke BIOS (Biasanya F1, F2, F10, F12 atau ESC – tergantung merk laptop).

keyboard 1

1. Matikan laptop terlebih dahulu. (harus dalam keadaan mati).

2. Coba lepaskan tombol keyboard yang kamu gunakan untuk masuk BIOS. (Biasanya F1, F2, F10, F12 atau ESC – tergantung merk laptop)

3. Bersihkan dengan alat pembersih, jangan terlalu kasar.

4. Pasang kembali setelah bersih.

5. Coba nyalakan Laptop.

Jika cara tersebut masih belum berhasil, coba untuk melepas tombol keyboard yang digunakan untuk masuk BIOS lagi (jangan dipasang dulu), kemudian nyalakan laptop.

Jalankan Windows Repair

Tentu saja windows repair adalah salah satu solusi yang paling ampuh untuk mengatasi masalah ini. Untuk bisa masuk ke windows repair, kamu membutuhkan flashdisk yang sudah kamu jadikan bootable (bootable flash drive) atau DVD yang berisi installasi windows. Jika kamu sudah membuat bootable disk atau mempunyai DVD installasi windows, lakukan langkah berikut:

1. Masuk ke BIOS, Set boot priority menuju “Removeable devices” jika kamu menggunakan flashdisk sebagai bootable atau “CD-ROM Drive” jika kamu menggunakan DVD Installasi windows.

2. Exit ans Save Changes.

3. Klik Next (seperti saat kamu akan melakukan installasi windows)

4. Klik Repair Your Computer

repair

5. Selanjutnya pilih Troubleshoot

repair 1

6. Selanjutnya pilih Advanced options > Startup Repair dan ikuti instruksi yang ada.

7. Tunggu hingga proses repair selesai dan Restart laptop

Ubah Boot Options Priorities

Mungkin kamu baru saja melakukan sebuah pengaturan di BIOS dan secara tidak sengaja mengubah pengaturan pada Boot Priority di BIOS sehingga saat kamu menyalakannya, laptop langsung masuk BIOS secara otomatis. Cara mengatasi error ini adalah:

 

Cara Mengatasi Laptop Langsung Masuk BIOS

1. Saat kamu sudah berada di BIOS, arahkan ke tab Boot

2. Arahkan ke “Boot Options Priorities > Boot Options

3. Prioritaskan nomer satu menjadi “Hard drive” dengan menggunakan tombol Tab.

4. Kemudian jika sudah, arahkan ke tab Exit lalu pilih Save Changes and Exit atau Exit Saving Changes.

Harus kamu tau kalau boot device salah, maka sistem akan secara otomatis membuat laptop kamu masuk ke BIOS saat pertama laptop dinyalakan.

Matikan Fast Boot

Fast boot mungkin menjadi salah satu pemicu laptop langsung masuk BIOS, berikut ini adalah cara untuk mematikan fast boot lewat BIOS:

1. Masuk ke BIOS

2. Arahkan ke tab Advanced > Pilih Boot

3. Pilih menu Disable Fast boot

4. Kemudian Save Changes

5. Restart Laptop

Itu tadi adalah beberapa tutorial cara mengatasi laptop langsung masuk BIOS saat pertama dinyalakan. untuk kasus yang sering saya temui didunia nyata, kebanyakan adalah masalah pada keyboard yang error dan juga tentang boot device yang salah. Keyboard yang error mungkin bisa kamu benarkan sendiri dengan mencopot beberapa tombol keyboard yang bermasalah, kemudian membersihkannya dengan pembersih, lalu memasangnya kembali. Sedangkan untuk boot device, kebanyakan terjadi error karena boot prioritynya berubah, pastikan bahwa boot priority mengarah ke drive yang terdapat installasi windows.

Beberapa kasus juga terjadi meskipun keyboard sudah dibersihkan masih terjadi error laptop langsung masuk bios. Yang bisa kamu lakukan adalah jangan pasang dulu tombol yang sudah kamu copot pada keyboard tersebut (tombol yang digunkan untuk masuk bios), kemudian reboot laptop.

Jika error masih terjadi, kemungkinan ada sesuatu yang terjadi pada keyboardmu, pertimbangkan untuk menservice keyboard atau menggantinya dengan yang baru.

Semoga tutorial cara mengatasi laptop langsung masuk BIOS ini bisa membantu untuk mengatasi masalah yang sedang kamu hadapi saat ini. silahkan tinggalkan komentar dibawah jika kamu mempunyai pertanyaan seputar topik bahasan ini, kita bisa mencari solusinya bersama dan mendikusikannya.

Adam
Sangat antusias dengan teknologi, Suka traveling, berharap bisa mengembangkan bakat supaya bisa berguna bagi bangsa dan negara. sangat senang berinteraksi dengan kawan-kawan untuk mencari sebuah ide baru! Doa dan Ibadah itu kewajiban.