Cara Mengatasi Unknown USB Device Error (Windows 7, 8 dan 10)

Cara Mengatasi Unknown USB Device Error

Apakah kamu pernah mengalami error seperti Unknown usb device (Device Descriptor Request Failed) pada windows? Kita hampir menggunakan USB setiap saat, akan sangat mengesalkan apabila tiba-tiba error terjadi bukan? Perlu kamu ketahui bahwa “Device Descriptor” berisi tentang informasi perangkat dan juga produk yang unik untuk windows menentukan perangkat apa yang tersambung dan juga driver apa yang dibutuhkan.

Device descriptor request failed adalah sebuah error yang terjadi pada USB. Windows tiba-tiba berhenti karena menerima laporan kesalahan dan ada sistem yang tidak bekerja dengan baik. Ketika mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat yang lainnya, tentu saja USB menjadi pilihan utama. Perangkat USB juga mempunyai beberapa macam jenis, seperti USB Flash drive (flash disk), memory card, pen drive dan yang lainnya. Mereka semua bersifar portable, berukuran kecil tapi mempunyai kapasitas yang besar, memungkinkan pengguna untuk membawa data yang besar atau mentransfer data ke perangkat lain dengan mudah.

Nah, seperti yang sudah dikatakan diatas bahwa USB device descriptor berisi informasi yang bertanggung jawab untuk mengenali perangkat USB yang berbeda. Jika hal tersebut gagal dilakukan, maka USB drive tidak bisa dikenali oleh sistem dan mungkin kamu juga akan mendapatkan error seperti code 43. Berikut ini adalah beberapa error yang mungkin terjadi saat kamu meng-insert USB mu ke komputer:

  • “Unknown USB device (device descriptor request failed) code 43”
  • “USB device not recognized. The last USB device you connected to this computer malfunctioned, and Windows does not recognized”
  • “Try reconnecting the device. If Windows still does not recognize it, your device may not be working properly.”
  • “USB DEVICE_DESCRIPTOR_FAILURE”
  • “USB vid_0000&pid_0008 5&3a33fe6e&0&5”

Jika kamu membuka device manager, kamu dapat melihat perangkat USB dibawah “Universal Serial Bus controllers” ditandai dengan tanda pentung kuning dengan informasi “Unknown USB Device (Device Descriptor Request Failed)” (lihat gambar). Jika kamu mengeceknya dengan menu klik kanan lalu properties, kamu akan melihat pesan seperti “Windows has stopped this device because it has reported problems.(Code 43). A request for the USB device descriptor failed.” (lihat gambar).

unknow usb deviceBeikut ini adalah Penyebab terjadinya error Unknown USB Device:

  • Windows tidak dapat menemukan deskripsi perangkat (device description).
  • Perangkat USB yang melaporkan error kode 43 tidak dapat berkomunikasi dengan baik dengan komputer, mungkin saja karena masalah koneksi.
  • Device atau perangkat menggunakan driver yang corrupted, rusak atau sudah outdated (jadul).
  • USB Port sudah rusak (silahkan di cek)
  • Kamu menggunakan USB Controller yang corrupted atau tidak stabil
  • BIOS tidak terupdate (masih menggunakan BIOS versi lama)
  • USB Drive rusak, atau terdapat bad sector.

Jadi penyebab unknown usb device error itu bermacam-macam, dan tergantung situasi dan keadaan komputer kamu saat mengalami error. pastikan kamu mengecek dengan benar penyebab unknown usb device pada komputermu, sehingga kamu bisa mencari solusinya dengan tepat.

Cara Mengatasi Unknown USB Device Error

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi error unknown usb device yang dapat kamu terapkan:

Gunakan Device troubleshooter

1. Tekan Windows + S, kemudian cari “control panel

control panel

2. Jika sudah ketemu, silahkan buka Control Panel.

3. Saat control panel sudah terbuka, silahkan ketik di kolom pencarin “Troubleshooting

4. Kemudian klik pada “Configure a Device

troubleshooting 1

5. Setelah itu troubleshooting akan terbuka, silahkan klik Next. dan tunggu sistem untuk mendeteksi error yang terjadi pada komputer kamu.

troubleshooting 2

6. Jika proses sudah selesai, klik pada “Apply this fix

troubleshooting 3

7. Tunggu hingga proses selesai (biasanya komputer akan melakukan restart secara otomatis). > Cek error unknown usb device, biasanya setelah restart pc, error sudah hilang.

Uninstall dan Install Driver di Device Manager

Masalah mengenai USB device descriptor failure biasanya berhubungan dengan driver USB yang bermasalah, misalnya adalah karena drivers sudah outdated dan jadul, driver yang corrupt atau ada bebrapa file driver yang hilang dan rusak. Berikut ini adalah cara mengupdate driver usb melalui device manager yang bisa kamu coba:

1. Buka Device Manager. Cara mudah membuka device manager adalah dengan menekan Windows + R kemudian ketik devmgmt.msc > Lalu tekan Enter.

run 1

2. Setelah Device Manager terbuka, cari kategori Universal Serial Bus Controllers lalu klik Expand. Biasanya kamu akan melihat daftar driver yang bermasalah seperti “Unknown USB Device (Device Descriptor Request Failed)”.

3. Klik kanan pada Driver yang bermasalah tersebut, kemudian pilih Uninstall.

uninstall usb

4. Setelah kamu berhasil menguninstall driver yang bermasalah, silahkan Restart komputer. Biasanya windows akan secara otomatis mereinstall driver yang sesuai dengan driver tersebut.

5. Jika masalah masih belum bisa diatasi, kamu bisa pergi ke website penyedia driver yang sesuai dengan laptop kamu, kemudian download driver terbaru dan install.

Disable Fast Startup

Fitur Fast Startup di windows berhubungan dengan fitur hibernasi dan juga shutdown, yang di desain untuk membuat komputer melakukan boot lebih cepat. Namun beberapa user dari windows mengatakan bahwa fitur ini malahan membuat usb tidak bisa terdeteksi dan menjaid salah satu penyebab error unknown usb device. Oleh karena itu kamu bisa mencoba untuk disable fast startup. berikut ini adalah cara untuk disable fast startup di windows:

1. Buka Control Panel. Cara membuka control panel dengan mudah adalah tekan Windows + R kemudian ketik “control” lalu tekan > Enter.

2. Setelah control panel terbuka, silahkan klik pada Power Options.

Power Options 1

3. Kemudian setelah Power Options terbuka, pilih Choose what the power buttons do yang berada di sebelah kiri halaman power options. (lihat gambar).

Power Options 2

4. Selanjutnya, Uncheck atau Hilangkan Centang pada opsi “Turn on Fast Startup (recommended)“, Klik Save Changes.

shutdown settings

5. Restart komputer untuk melihat hasil.

Disable Pengaturan USB Selective Suspend Settings

Untuk beberapa kasus, sistem operasi akan membuat USB port di dalam mode low-power apabila USB selective suspend setting masih aktif. hal ini dapat membuat usb drive tidak bisa berjalan secara normal dan akan menimbulkan error seperti USB device_descriptor_failure. Untuk mengatasi masalah ini, kita akan menonaktifkan pengaturan USB selective suspend.

1. Buka Control Panel (windows + R ketik “control” > enter). kemudian klik > System Security > Power Options. Kamu juga bisa mengklik kanan pada icon baterai kemudian pilih Power Options.

2. Lalu klik Expand pada “Show additional plans” dan Klik “Change plan settings” pada Power plan yang kamu pilih.

power plan

3. Selanjutnya klik pada “Change advanced power settings

4. Pada tab advance settings, kamu bisa menemukan “USB settings” klik expand. Lalu pilih pada “USB selective suspend setting

power opstions 2

5. Kemudian pilih Disable pada “On battery” dan “Plugged in” > Klik Apply dan Klik OK. Lalu Restart Komputer.

Aktifkan Plug and Play in Windows Services

1. Buka Services di windows. Tekan Windows + R, kemudian ketik services.msc > tekan Enter

run 2

2. Kemudian setelah Services Windows terbuka, scroll down dan cari “Plug and Play

plug and play

3. Jika sudah ketemu, silahkan klik kanan pada Plug and Play, kemudian pilih Restart. setelah itu kamu harus me restart komputermu juga untuk melihat hasilnya.

Update driver software pada Generic USB Hub

1. Buka Device manager (Tekan windows + r, ketik “devmgmt.msc” > Enter).

2. Kemudian setelah device manager terbuka, cari “Universal Serial Bus controllers” dan klik expand.

3. Klik kanan pada Generic USB Hub, lalu pilih “Update Driver Software

4. Kemudian jendela “Update Driver Software Generic USB Hub” akan terbuka, pilih “Browse my computer for driver software“. (Jika kamu memilih opsi tersebut, kamu harus mempunyai driver terdownload terlebih dahulu, jika belum kamu bisa memilih “Search automatically for updated driver software“. Windows akan mendownload driver secara otomatis).

5. Selanjutnya pilih “Let me pick from a list of device drivers on my computer” untuk memilih driver yang sesuai.

6. Kemudian pilih Generic USB Hub

7. Klik Next dan tunggu proses installasi driver selesai, lalu restart komputer.

Uninstall Hidden Devices

Sebenarnya ini adalah cara opsional untuk mengatasi Unknown USB device error. Secara default, device manager tidak akan menampilak semua perangkat yang terinstall. Pada umumnya hanya menampilkan perangkat yang saat ini tersambung. Perangkat tertentu atau hidden USB mungkin dapat menimbulkan konflik yang nantinya akan membuat windows menjadi error. Berikut ini adalah cara uninstall hidden device:

1. Buka CMD (Windows + R, ketik “cmd” > Enter). atau Klik start, lalu ketik cmd, klik kanan pada Command Prompt > Run as Administrator.

2. Kemudian ketik command di bawah ini secara berurutan.

set DEVMGR_SHOW_DETAILS=1

set DEVMGR_SHOW_NONPRESENT_DEVICES=1

start devmgmt.msc

cmd 18

3. Setelah itu buka Device Manager (Windows + R, ketik services.msc > Enter)

4. Setelah Device manager terbuka, pilih View > klik Show Hidden Devices.

Cara Mengatasi Unknown USB Device Error (Windows 7, 8 dan 10)5. Klik Expand pada “Universal Serial Bus Controllers“. Uninstall driver yang mempunyai peringatan “Unknown Devices” (Klik kanan pada driver bersangkutan > Uninstall). Jika kamu sudah menguninstall, Restart komputer.

Cara mengatasi error unknown usb device tidak hanya serta merta melalui uninstall dan install driver, kamu juga bisa mengecek kesehatan motherboard dan juga port USB yang ada pada komputer kamu. karena kerusakan dari luar juga memungkinkan untuk terjadinya error seperti unknown usb device ini.

Semoga tutorial cara mengatasi unknown usb device error di windows 7, 8 dan 10 ini bisa membantu menyelesaikan masalahmu. silahkan tinggalkan komentar dibawah apabila kamu mempunyai pertanyaan mengenai masalah ini, kamu akan dengan senang hati membantumu.

Adam
Sangat antusias dengan teknologi, Suka traveling, berharap bisa mengembangkan bakat supaya bisa berguna bagi bangsa dan negara. sangat senang berinteraksi dengan kawan-kawan untuk mencari sebuah ide baru! Doa dan Ibadah itu kewajiban.