Cara Mudah Mempercepat Internet Explorer

Cara mempercepat Internet explorer

Internet explorer adalah sebuah aplikasi brrowser internet milik Microsoft, biasanya jika kamu menggunakan Windows sudah pasti kamu memiliki Internet Explorer didalamnya. Untuk saat ini banyak sekali browser yang menyediakan fitur-fitur menarik yang bisa kita gunakan untuk surfing di Internet, tapi untuk sebagian orang pasti ada yang masih menggunakan Internet explorer sebagai pilihan utama. Di sisi lain banyak juga yang mengeluhkan kinerja dari Internet explorer ini, padahal mereka mempunyai koneksi internet yang cukup kencang.

Kali ini kita akan mencoba membahas bagaimana cara mempercepat kinerja Internet Explorer melalui beberapa langkah. Sebenarnya browser yang satu ini juga tidak kalah dengan browser-browser yang lain seperti Google Chrome, Firefox maupun Safari. Tapi mungkin ada sedikit kendala yang mungkin bagi sebagian orang tidak mengerti bagaimana mengatasinya.

Cara Mempercepat Internet Explorer

Mungkin untuk saat ini internet explorer lebih dikenal dengan sebutan Internet edge untuk Windows 8 ke atas. Internet edge sudah memiliki performa yang cukup baik jika dibandingkan dengan pendahulu mereka internet explorer, namun tetap saja ada beberapa masalah teknikal yang mungkin belum diketahui banyak orang.

Berikut ini adalah cara dan tips untuk mempercepat Internet Explorer:

Gunakan Internet Explorer Versi Terbaru

Tentu saja ini adalah hal yang sangat mendasar untuk mengecek versi terbaru dari sebuah aplikasi. Nah biasanya jika kamu mempunyai internet explorer yang lemot padahal koneksi internet dirasa cukup kencang, mungkin kamu harus mencoba mengupdate internet explorer kamu. Fungsi mengupdate aplikasi internet explorer adalah kamu akan mendapatkan improvements dan juga peningkatan teknologi yang bisa membuat Internet Explorer kamu menjadi lebih cepat. Untuk saat ini Internet Explorer Versi terbaru namanya adalah Internet edge, dan performanya naik signifikan.

Periksa Add-ons Yang Terpasang Pada Internet Explorer

Mungkin bagi teman-teman dulu pernah merasakan pengalaman browsing di internet secara normal dengan menggunakan internet explorer, namun suatu waktu tiba-tiba performa internet explorer menjadi menurun, kenapa? ada beberapa kemungkinan salah satunya adalah add-ons yang terinstall. bisa saja kamu mengunjungi website tertentu dan tak sengaja mengklik sebuah iklan yang membuat kamu secara otomatis mendownload sebuah add-ons yang tidak kamu inginkan.

Tentu saja jika itu add-ons yang berat dan tidak sesuai dengan internet atau PC kamu, maka add-ons tersebut akan membuat performa Internet Explorer kamu menjadi lamban. lalu bagaimana selanjutnya? kamu harus menguninstall add-ons tersebut. kamu bisa menuju ke settings/pengaturan kemudian cari add-ons atau ekstensi. kemudian hapus add-ons yang menurut kamu tidak dibutuhkan atau tidak pernah kamu install sebelumnya.

Reset (default) Pengaturan atau Setting Internet Explorer Kamu

Mungkin setelah kamu melakukan tips pertama (update Internet explorer) kamu masih merasakan performa yang lambat. itu bisa disebabkan karena settingan dari internet explorer yang kurang cocok atau sesuai dengan PC atau devices kamu. Untuk itu, kamu hanya tinggal mereset pengaturan Internet Explorer kamu, tapi pastikan dulu bahwa semuanya aman (termasuk data-data), cara untuk mereset pengaturan Internet explorer cukup mudah, kamu hanya tinggal masuk ke tab tools, kemudian pilih menu internet option, kemudian kamu hanya perlu memilih tab adavance dan klik reset. coba restart internet explorer kamu dan proses reset selesai.

Menghapus Temporary File Internet Explorer

Cara kerja hampir sama dengan sistem windows pada dasarnya, tentu saja jika banyak file yang tidak dibutuhkan atau file temporary, itu akan dapat memperlambat performa dan kinerja internet explorer kamu. karena memori yang seharusnya di alokasikan untuk kegiatan lain malahan digunakan untuk mengisi file temporary. makannya kamu harus rajin-rajin untuk membersihkan file-file temporary yang ada pada internet explorer, kamu juga bisa menghapus cokies pada browser internet explorer untuk hasil yang lebih baik. untuk memudahkan, kamu bisa menggunakan software pembersih seperti ccleaner. biasanya software ini akan membersihkan file temporary yang ada di komputer kamu dengan mudah.

Mematikan Situs Disarankan

Biasanya kamu dapat melihat situs yang disarankan saat pertama kali kamu membuka Internet Explorer bukan? nah, kamu bisa mematikannya untuk performa yang lebih cepat.

Periksa Toolbar Yang Ada

Tentu saja toolbar juga berpengaruh dengan kinerja dan performa dari Internet Explorer, hapus toolbar yang dirasa tidak perlu. pilih toolbar yang sesuai dengan kebutuhanmu saja, itu akan membuat performa internet explorer menjadi lebih baik.

Oke, itu tadi adalah beberapa langkah dan cara untuk mengatasi Internet Explorer yang lambat, jika kamu melakukan semua cara diatas dengan benar, seharusnya performa internet explorer kamu akan meningkat. sedikit saja saran, mungkin kamu harus sering membersihkan file-file yang dirasa tidak penting. tapi juga harus berhati-hati jangan sampai salah menghapus hehe… karena file yang tidak penting akan membuat memori kamu cepat penuh, coba periksa file-file yang tidak penting secara berkala sehingga kamu bisa menghapusnya dan mendapatkan performa yang lebih baik.

Adam
Sangat antusias dengan teknologi, Suka traveling, berharap bisa mengembangkan bakat supaya bisa berguna bagi bangsa dan negara. sangat senang berinteraksi dengan kawan-kawan untuk mencari sebuah ide baru! Doa dan Ibadah itu kewajiban.