Cara Partisi Hardisk Windows 10, 8 dan 7 Dengan Mudah

Cara Partisi Hardisk Windows 10, 8 dan 7 Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kita akan akan membahasa bagaimana cara partisi hardisk windows 10, 8 dan 7. Meskipun cara partisi hardisk ini cukup mudah, tapi kamu tetap harus berhati-hati dan juga teliti saat melakukannya, karena partisi hard disk berhubungan dengan disk management. Dengan fitur built-in Disk Management Tool milik windows, kita dapat dengan mudah menambah, menghapus hingga menyesuaikan ukuran partisi di komputer kita.

Dengan tool tersebut, kamu dapat membagi hardisk internal maupun eksternal menjadi beberapa partisi tanpa harus melakukan install ulang atau hal rumit lainnya. Kamu dapat membuat drive atau volume disk baru untuk menempatkan file pentingmu disana jika dibutuhkan. cara untuk partisi hardisk ini juga dapat berguna untuk menyimpan file backup jika ada sesuatu yang terjadi pada komputer kamu.

Di artikel kali ini kita akan membahas langkah-langkah melakukan partisi hardisk, namun sebelum itu kamu juga harus tau manfaat partisi hardisk untuk apa. Berikut ini adalah manfaat melakukan partisi hardisk:

  • Dapat menjalankan lebih dari satu OS
  • Dapat memisahkan file yang penting ke tempat yang lebih aman untuk mengurangi resiko file corrupt
  • Mengalokasikan space untuk tujuan khusus seperti untuk aplikasi atau data penting.
  • Menyimpan program yang sering digunakan dan untuk meningkatkan performa kinerja.

Tentu saja biasanya partisi hardisk dilakukan dengan tujuan untuk mengoptimisasi sistem penyimpanan, performa dan bahkan keamanan komputer. Misalnya saja jika kamu menaruh sebuah file di partisi tertentu, dan seandainya terjadi corrupt dan file menjadi rusak maka dengan partisi hard disk ini akan membuat file mu yang ada di partisi lain aman.

Hal itu juga berlaku saat kamu menjalankan 2 OS. jika terjdi crash pada salah satu OS yang kamu gunakan, maka kamu akan tetap bisa booting dengan OS yang ada di partisi lain (biasanya kombinasi 2 OS Windows dan Linux).

Seperti yang sudah saya katakan diatas, kali ini kita akan menggunakan fitur bawaan windows, yaitu Disk Management Tool. Meskipun ini fitur bawaan, disk management tool memang sebuah fitur yang digunakan untuk melakukan partisi hardisk. adapun beberapa fitur Disk Management tool adalah sebagai berikut:

  • Shrink Volume: Fitur ini berguna untuk mengecilkan ukuran volume sebuah partisi
  • New Simple Volume: Fitur ini digunakan untuk membuat sebuah partisi baru
  • Extend Volume: Fitur ini berguna untuk memperbesar ukuran volume sebuah partisi
  • Delete Volume: Fitur ini dugunakan untuk menghapus sebuah partisi

Tentu saja jika kamu ingin mengecilkan ukuran volume sebuah partisi, yang kamu gunakan adalah opsi shrink volumen.

Cara Mengecilkan Ukuran Partisi Hardisk

Kita akan mempraktekan bagaimana cara mengecilkan ukuran partisi hardisk dengan menggunakan shrink volume di aplikasi Disk Management tool.

1. Langkah pertama, silahkan masuk ke Disk Management tool. Tekan Windows + X  pada keyboard dan klik Disk management tool. (Lihat gambar).

disk management2. Setalah kamu berhasil membuka Disk management, pilih partisi mana yang ingin kamu kecilkan. > Klik kanan pada partisi tersebut > Kemudian Klik “Shrink Volume

shrink volume

3. Setelah itu, silahkan isi berapa MB yang ini kamu kecilkan volumenya. Penjelasan: Total size before shrink in MB adalah volume partisi sebelum kamu kecilkan. Enter the amount of space to shrink in MB adalah berapa jumlah volume yang ingin kamu kecilkan. Jika kamu melihat contoh di bawah, maka volume awal partisi adalah 39998 MB (40 GB) dan kemudian kamu ingin menguranginya sebesar 15000 MB (15 GB). Maka total volume setelah shrink akan menjadi 24998 MB (25 GB). -Semuanya ditulis dalam satuan MB.

shrink volume 1

4. Volume yang sudah kamu shrink, akan berubah menjadi unallocated volume, dimana kamu bisa dengan bebas menggunakannya untuk membuat partisi baru.

shrink volume 2

5. Selesai, kamu sudah berhasil mengecilkan ukuran partisi hardisk.

Cara Membuat Partisi Baru

Selanjutnya adalah cara membuat partisi baru. tadi kamu sudah bisa mengecilkan ukuran sebuah partisi dan sudah mengetahui unallocated volume. nah, kita akan menggunakan unallocated volume ini untuk membuat sebuah partisi baru dengan menggunakan fitur New simple volume. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat partisi baru:

1. Buka disk management, seperti tadi. kalau kamu belum paham caranya, silahkan buka jendela Run dengan menekan Windows + R pada keyboard, kemudian tulis “diskmgmt.msc” > kemudian tekan Enter.

disk management 1

Atau kamu juga bisa dengan mudah membuka disk management tool dengan menekan Windows + X pada keyboard kemudian > Klik Disk management.

2. Jika kamu sudah berhasil membuka disk management, silahkan Klik kanan pada “unallocated” dan klik “New simple volume” (lihat gamar)

new simple volume

Catatan: Jika kamu tidak mempunyai “unallocated” space, kamu bisa menggunakan fitur shrink volume partisi seperti tutorial pertama di atas.

3. Kemudian secara otomatis akan terbuka “New simple volume wizard“, silahkan klik Next.

new simple volume wizard

4. Selanjutnya kamu akan melihat “simple volume size” dimana kamu akan mengatur ukuran volume partisimu yang baru. Penjelasan: disini kamu dapat melihat maximum disk in space dan minimum disk in space. Maksudnya kamu dapat membuat partisi baru dengan minimal volume 8 MB dan Maksimal 20829 MB.

simple volume size

5. Kemudian selanjutnya kamu akan melihat Assign the following drive letter. kamu bisa menamainya sesukamu seperti drive V, drive G atau yang lainnya asalkan belum terpakai.

nama partisi baru

6. Selanjutnya kamu dapat memilih settingan pada partisi yang baru saja kamu buat, kemudian langsung saja klik pada opsi “Perform a quick format” melakukan opsi format cepat. Kamu juga bisa mulai menamai partisi tersebut dengan label yang kamu suka. setelah selesai, langsung klik Next.

format partisi baru

7. Tunggu hingga proses selesai dan kemudian Klik Finish.

finish

Cara Menghapus Partisi Hardisk

Cara partisi hardisk satu ini agak rawan, karena kamu akan menghapus seluruh partisi. Lakukan pengecekan dan double check, pastikan bahwa sudah tidak ada file penting dalam partisi yang akan kamu hapus, jika perlu lakukan backup untuk berjaga-jaga. Jika kamu sudah yakin bahwa partisi tersebut sudah kosong, maka kita bisa menghapusnya. Partisi yang dihapus akan berubah menjadi unallocated, fungsi unallocated space adalah bisa kamu gunakan untuk membuat partisi baru atau menambahkan volume di partisi lain.

Kita mempunyai 2 cara partisi hardisk kali ini. yaitu menghapus partisi hardisk dengan Disk management tool (software bawaan windows) dan menghapus partisi hardisk dengan CMD (command prompt).

Cara Menghapus Partisi Hardisk dengan Disk Management

1. Seperti biasa, kamu harus masuk ke Disk management tool terlebih dahulu. Tekan Windows + X kemudian klik > Disk management. atau buka jendela Run – Windows + R kemudian tulis “diskmgmt.msc” > tekan Enter untuk membuka disk management.

2. Selanjutnya setelah kamu masuk ke Disk management, Cari partisi yang ingin kamu hapus. Jika sudah ketemu, Klik kanan pada partisi tersebut > Pilih Delete Volume

delete volume

3. Selanjutnya pilih Yes untuk mengkonfirmasi pernghapusan partisi.

Yes

4. Setelah proses ini selesai, kamu dapat melihat ‘Free Space‘.  Free space tidak sama dengan unallocated space. Free space adalah sebuah partisi yang tidak mempunyai identitas. Jika kamu ingin mengubahnya menjadi unallocated space, kamu bisa mengklik kana pada “Free Space” tersebut dan pilih “Delete partition

free space

5. Kemudian Klik Yes untuk mengkonfirmasi.

Cara Menghapus Partisi Hardisk dengan CMD (Command Prompt)

Kamu juga bisa mencoba opsi lain untuk menghapus partisi hardisk, misalnya denngan cara ini. menghapus partisi hardisk dengan CMD menurut saya lebih simple, tapi kamu harus teliti saat menjalankannya.

1. Silahkan buka jendela Run terlebih dahulu dengan menekan Windows + R pada keyboard.

2. Setelah jendela Run sudah muncul, ketik “diskpart” kemudian tekan Enter.

diskpart

3. Setelah CMD terbuka, silahkan ketik “list volume” > kemudian tekan Enter.

list volume

4. Kemudian setelah itu ketik “select volume <angka>” -Tulis volume berapa yang ingin kamu pilih. dalam contoh ini saya akan memilih Volume 0, maka menjadi “select volume 0”

select volume

5. Kemudian langkah terakhir untuk menghapus partisi adalah ketikan “delete volume” dan kemudian tekan Enter.

delete volume 1

Selesai, volume partisi berhasil terhapus.

Cara Menambah Ukuran Partisi Hardisk

Kemudian tutorial cara partisi hardisk yang terakhir adalah bagaimana kamu bisa menambah ukuran partisi hardisk dengan menggunakan fitur Extend Volume pada disk management.

1. Masuk ke disk management, Klik Windows + X kemudian pilih Disk management. atau Klik windows + R dan ketik diskmgmt.msc > Enter untuk membuka disk management.

2. Setalah berhasil masuk disk management, cari partisi yang ingin kamu tambah volumenya. Klik kanan pada partisi tersebut, kemudian piliah Extend Volume

extend volume

3. Kemudian akan muncul “Extend Volume Wizard” silahkan klik Next. kamu bisa menentukan berapa volume yang akan kamu tambah. Ingat, kamu harus mempunyai unallocated space terlebih dahulu, karena kamu hanya bisa menambah volume partisi dari unallocated space. Ukuran volume yang bisa kamu tambah berdasarkan berapa unallocated space yang tersedia. jika sudah silahkan isi berapa volume yang ingin ditambah pada “select amount in space“. Jika sudah klik Next dan tunggu proses selesai.

Cara Partisi Hardisk Windows 10, 8 dan 7 Dengan MudahKlik Finish

Itu tadi adlah cara partisi hardisk untuk windows 10, 8 dan 7. kamu mungkin juga bisa menemukan cara partisi hardisk yang lain seperti menggunakan software, karena ada beberapa software disk management yang mampu untuk melakukan partisi hardisk.

Menurut saya sendiri, cara partisi hardisk menggunakan disk management tool dari windows adalah yang paling aman dan reliable, meskipun merupakan software bawaan tapi terbukti memang bisadugunakan untuk melakukan partisi hardisk dengan mudah.

Semoga tutorial langkah dan cara partisi hardisk ini bisa membantu dan bisa menjadi referensi bagi kamu yang sedang mencari cara partisi hardisk windows yang mudah. Tips terakhir, sebelum kamu menghapus sebuah partisi, pastikan partisi tersebut benar-benar sudah kosong, karena menghapus partisi sama saja melakukan penghapusan seluruh isi dalam sebuah drive tersebut, jadi usahakan lebih teliti dan berhati-hati.

 

referensi: c-sharpcorner.com

Adam
Sangat antusias dengan teknologi, Suka traveling, berharap bisa mengembangkan bakat supaya bisa berguna bagi bangsa dan negara. sangat senang berinteraksi dengan kawan-kawan untuk mencari sebuah ide baru! Doa dan Ibadah itu kewajiban.
%d blogger menyukai ini: