2 Cara Mengatasi Input Signal Out of Range Error Windows

2 Cara Mengatasi Input Signal Out of Range Error Windows

Apa itu Input Signal Out of Range? Penyebab Input Signal Out of Range adalah ketika resolusi layar melebihi resolusi monitor. Asumsikan bahwa semua kabel telah terpasang dengan benar, namun kemudian kamu menemukan error tersebut atau layar menjadi blank. Hal ini disebabkan karena resolusi monitor tidak bisa mengakomodasi resolusi layar yang terlalu besar.

Penyebab Input Signal Out of Range Error

Ada dua penyebab utama kenapa error ini bisa terjadi. yang pertama adalah karena resolusi layar yang melebihi resolusi monitor dan yang kedua adalah karena vertical frequency rate yang terlalu tinggi.

Sebagai contoh, kamu mungkin memasang dan set graphics card baru untuk display resolusi 2460 X 1440, sedangkan monitor yang kamu punya hanya mampu untuk resolusi 1080 X 1920. Tentu saja kamu akan mendapatkan pesan error Sync Out of Range. Hal seperti ini sering terjadi pada 14 inch monitor.

Dalam kasus error tersebut, monitor tidak bisa melakukan “Sync” dengan video card yang kamu pasang, sehingga akan menampilkan error Out of Range. Pastikan kamu menge-set resolusi yang masuk akal antara monitor dan graphics card yang kamu punya, kemudian pastikan juga bahwa semuanya terhubung dengan benar.

Karena tentu saja kamu tidak akan bisa mengatasi masalah ini dengan masuk ke Windows biasa, kamu harus me reboot komputer kamu melalui Safe Mode. Cara masuk ke safe mode sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya. Tapi gampangnya seperti ini, saat kamu merestart komputer, tekan F8 secara beberapa kali saat windows pertama menyala, sehingga kamu bisa mengatur opsi boot untuk masuk ke safe mode.

Sebab masuk ke safe mode pada error kali ini adalah untuk menurunkan resolusi, sehingga antara graphic cards dan juga resolusi monitor bisa bersinkronasi “sync”.

Tutorial Cara Mengatasi Input Signal Out of Range Error

Ganti Pengaturan Resolusi dan Refresh Frequency

1. Reboot komputer dan masuk ke Safe Mode

2. Ketika kamu sudah berhasil masuk ke safe mode, silahkan turunkan resolusinya. Klik kanan pada Desktop, kemudian pilih > Properties.

3. Selanjutnya masuk ke Tab Setting. di bagian Resolution, silahkan adjust atau sesuaikan resolusi layar dengan monitor. (Usahakan resolusi monitor bisa mengakomodasinya).

4. Kemudian Klik Apply, lalu Klik OK.

5. Restart Komputer dan Reboot seperti biasanya.

Cara 2:

1. Klik Start kemudian klik > Control Panel

2. Dibawah Appearance and Personalization > Klik Adjust screen resolution

3. Kamu bisa menemukan Resolution disana, silahkan Adjust atau sesuaikan resolusi antara graphics card dan monitor kamu.

4. Klik Apply, > Klik OK.

5. Restart

Kamu bisa menekan Revert untuk kembali ke pengaturan resolusi sebelumnya.

Cara 3:

Jika cara diatas masih belum berhasil, silahkan kembali restart komputer dan masuk ke Safe Mode lagi.

1. Masuk ke Display Properties

2. Klik tab Settings.

3. Klik tombol Advanced > klik tab Monitor > Cek refresh rate

4. Tingkat terendah yang DISARANKAN adalah 60Hz, pengaturan ini akan bekerja lebih baik pada monitor LCD dibandingkan dengan monitor CRT.

5. Klik Apply, OK. > Rebbot.

Uninstall atau Update Graphics Card

Solusi diatas lebih mudah dilakukan, karena kamu hanya perlu untuk mengubah pengaturan resolusi dan refresh frequency di safe mode, pada cara yang ke dua ini kita akan mencoba menggunakan device manager untuk menguninstall graphics card yang mungkin bermasalah atau mengupdatenya.

Catatan: Cara ini efektif jika kamu masih berada pada safe mode. Jadi pastikan kamu booting dengan safe mode sehingga dapat berhasil. selain itu kita juga membutuhkan koneksi internet, jadi kamu harus booting ke safe mode networking.

1. Klik Start, kemudian ketikan Device Manager.

2. Klik Device Manager dari hasil pencarian

3. Jika Device manager sudah terbuka, kemudian klik Expand pada Display adapter.

2 Cara Mengatasi Input Signal Out of Range Error

4. Klik kanan pada graphic card yang terinstall > pilih Update Driver.

5. Kemudian pilih Search automatically for updated driver software > Ikuti Instruksi yang ada.

6. Install update driver dan tunggu proses selesai.

7. Reboot Komputer secara Normal.

Uninstall Driver:

Jika kamu masuk ke safe mode biasa (tanpa internet) kamu bisa menggunakan opsi uninstall driver.

1. Masuk ke Device manager seperti cara diatas.

2. Klik Expand pada Display adapters

3. Klik Uninstall Device

4. Tunggu hingga proses selesai

5. Reboot komputer seperti biasa.

Nah, itu tadi adalah tutorial cara mengatasi Input Signal Out of Range Error yang sering terjadi. Biasanya error signal out of range atau sync out of range terjadi karena kami memasang graphics card baru, atau menginstall driver terbaru yang belum compatible.

Solusi termudah mengatasi Input Signal Out of Range Error adalah dengan masuk ke safe mode dan menyesuaikan resolusi dengan monitor jika kasusnya kamu memasang graphics card baru, namun jika kamu menemui error ini sehabis menginstall driver, kamu bisa mengupdatenya atau menguninstallnya, sehingga windows akan secara otomatis menginstall driver yang sesuai.

Semoga artikel cara mengatasi Input Signal Out of Range Error ini bisa berguna untuk referensi kamu. silahakan tinggalkan komen dibawah jika ada yang ingin kamu tanyakan mengenai masalah Input Signal Out of Range Error ini, kami akan dengan senang hati membantumu.

Adam
Sangat antusias dengan teknologi, Suka traveling, berharap bisa mengembangkan bakat supaya bisa berguna bagi bangsa dan negara. sangat senang berinteraksi dengan kawan-kawan untuk mencari sebuah ide baru! Doa dan Ibadah itu kewajiban.