Cara Mengatasi This app can’t run on your PC di Windows 10 (Fixed)

Cara Mengatasi This app can't run on your PC

Apakah kamu pernah mengelami error “This app can’t run on your PC”? Kali ini kita akan mencoba untuk membahas dan mencari penyebab This app can’t run on your PC serta solusinya. Tentu saja kadang hal tidak berjalan sesuai dengan yang direncanakan, misalnya ketika kamu menginstall sebuah software yang kamu inginkan kemudian terdapat error seperti “This app can’t run on your PC”, tentu saja hal itu akan membuat setiap orang murung.

Meskipun windows 10 adalah OS yang sangat menakjubkan, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa OS ini masih mempunyai kekurangan. Kebanyakan dari kekurangan ini datang dari software yang tua (jadul), dan biasanya error yang sering muncul karena masalah ini adalah “This app can’t run on your PC”. Tapi tidak masalah karena error ini sebenarnya dapat diperbaiki dengan mudah.

Sebelum itu, kita harus tau terlebih dahulu bagaimana cara untuk mencegah pesan error seperti “This app can’t run on your PC”. Berikut ini adalah cara untuk mencegah terjadinya error “This app can’t run on your PC”:

  • Pastikan kamu menginstall sebuah software yang kompatible dengan versi OS dan juga komputer kamu
  • Kamu juga harus memilih sistem arsitektur yang tepat, apakah itu 32-bit atau 64-bit sehingga tidak terjadi error

2 hal tersebut adalah sebab error yang paling sering ditemukan, dan kadang orang tidak menyadarinya. kamu harus bisa memastikan bahwa software yang akan kamu install kompatible dengan OS mu, atau sistem arsitektur juga harus pas. Jika kamu menginstall sistem OS 32-bit, maka jangan menginstall software yang 64-bit karena hal itu akan membuat komputermu menjadi error.

Cara Mengatasi This app can’t run on your PC

Buat sebuah akun administrator baru

Beberapa laporan yang diterima dari error This app can’t run on your PC adalah ketika mereka akan membuka aplikasi basic di windows 10 seperti task manager. Jadi jika error tersebut muncul, mungkin ada sedikit masalah pada user account windows 10 mu. oleh sebab itu, solusi pertama untuk mengatasi error ini adalah membuat sebuah akun administrator yang baru.

1. Buka Settings App dan pergi ke Account lalu pilih > Family & other users.

2. Silahkan arahkan ke Other users section dan klik Add someone else to this PC.

new administrator account

3. Kemudian pilih I don’t have this person’s sign-in information lalu > Add a user without a Microsoft account

4. Silahkan masukan nama dan password untuk akun administrator baru.

5. Kamu seharusnya sudah bisa melihat akun baru pada Other users section

6. Pilih new account dan klik Change account type

change account type

7. Lalu pilih Administrator dari menu account type, kemudian pilih OK.

account type

Setelah melakukan langkah diatas dan beralih ke akun administrator baru, seharusnya error “This app can’t run on your PC” sudah berhasil diperbaiki. Jika masalah sudah beres, kamu harus memindah personal files mu ke folder akun baru.

Disable SmartScreen

SmartScreen adalah sebuah fitur bawaan windows 10 yang dapat melindungi kamu dari serangan phising dan juga malware. dan dari beberapa diskusi, banyak yang mengatakan bahwa Smartscreen dapat memicu error “This app can’t run on your PC”, mungkin kita bisa mematikan smartscreen sebagai opsi untuk mengatasi error ini.

1. Silahkan tekan Windows + S kemudian enter smart screen.

2. Lalu pilih Change SmartScreen settings dari list yang tersedia.

smartscreen

3. Pergi ke bagian security (security section), kemudian temukan Windows SmartScreen

4. Lalu klik pada Change settings dan pilih > Do not do anything (turn off Windows SmartScreen).

5. Kemudian klik OK dan Save Changes.

Perbaiki Registry

Kesalahan registry atau registry yang corupt dapat membuat program aplikasi atau software untuk bisa berjalan di PC kamu. Jika error seperti ‘This app can’t run on your PC’ masih tetap ada meskipun kamu sudah mencoba memperbaikinya, kamu bisa menggunakan software untuk memperbaiki registry yang lebih advanced, seperti Iobit system advance care atau CCleaner.

Saya sendiri menggunakan CCleaner karena menurut saya lebih praktis, lebih kecil ukurannya dan juga sangat mudah untuk dijalankan. selain itu versi freenya juga bisa mengcover repair registry dengan baik, jadi saya merekomendasikan CCleaner sebagai aplikasi atau software untuk memperbaiki registry.

1. Download dan Install CCleaner (Download CCleaner)

2. Jika sudah terdownload dan terinstall, silahkan buka CCleaner.

3. Kemudian jika CCleaner sudah terbuka, klik pada Registry lalu klik > Scan for Issues (tunggu hingga proses scan selesai).

ccleaner 1

4. Centang semua masalah yang ada, kemudian klik pada Fix All Selected Issues (kamu juga bisa langsung klik Fix Issue untuk langsung proses memperbaiki registry).

5. Tunggu hingga proses selesai.

Lakukan SFC Scan

Kamu juga bisa menggunakan microsoft system file checker untuk mengecek file yang corupt. Sistem akan memverifikasi semua integritas sistem file yang terlindungi dan memperbaiki files apabila memungkinkan. Berikut ini adalah cara melakukan scan SFC di windows:

1. Buka CMD dengan masuk ke pencarian windows (windows search) ketik cmd, klik kanan pada Command Prompt, klik > Run as Administrator. atau tekan Windows + R kemudian ketik cmd > Enter.

cmd 13

2. Ketika cmd sudah terbuka, silahkan ketik sfc /scannow > Enter.

cmd 14

3. Proses scan akan memakan waktu cukup lama (tergantung spek PC), jadi tunggu hingga proses selesai. Kemudian jika proses sudah selesai, Restart PC.

Pastikan kamu membuka cmd (Command Prompt) dengan Run as Administrator, atau proses scan tidak dapat berjalan dengan semestinya.

Cek Error Yang Terjadi Pada Disk

Penyebab lain error ‘This app can’t run on your PC’ adalah karena disk yang error. Oleh karena itu menjalankan disk check bisa membantu untuk mengidentifikasi error pada disk dan juga memperbaikinya. Di windows 10, kamu bisa menggunakan command prompt untuk melakukan disk check.

1. Buka cmd (Commad Prompt) dengan Run as Administrator seperti cara diatas.

2. Kemudian ketik chkdsk C: /f lalu tekan > Enter. Kamu bisa mengganti “C” pada command tersebut tergantung partisi yang ingin kamu cek.

cmd 15

3. Sebagai catatan, jika kamu menggunakan parameter /f seperti diatas, command akan memberikan informasi file mana saja yang herus di perbaiki, namun command parameter /f tidak akan memperbaiki, jadi kamu harus menggunakan parameter /r untuk memperbaikinya. misal command chkdsk D: /r akan mendeteksi pada drive D kemudian akan memperbaikinya.

cmd 16

Bersihkan Temporary Files

1. Silahkan masuk ke Start, kemudian ketik > Disk Cleanup > Klik Disk Cleanup

disk cleanup

2. Pilih disk mana yang ingin kamu bersihkan. Kemudian disk cleanup akan memberitahumu berapa banyak space yang dapat di free up kan.

disk cleanup 1

3. Kemudian pilih Clean up system files.

Cara ini adalah cara termudah dan tercepat untuk membersihkan temporary files yang membuat memorymu menjadi penuh. Kadang-kadang temporary files ini juga dapat membuat sistem dan PC menjadi lemot hingga membuat PC menjadi error, sering-sering membersihkan temporary files adalah pilihan yang bagus untuk mencegah terjadinya error.

Jalankan Full System Scan

Malware dapat menyebabkan banyak masalah di PC kamu, seperti mencegah software atau aplikasi untuk dijalankan hingga membuat sistem menjadi error. Cobalah untuk menscan PC dengan antivirus bawaan dari windows untuk mencegah dan mendeteksi malware.

1. Silahkan klik Start, kemudian ketik “defender” > Klik Windows Defender untuk membuka windows defender.

2. Kemudian klik pada icon tameng dibagian samping kiri (lihat gambar).

windows defender

3. Selanjutnya klik pada “Advanced scan option” (lihat gambar)

windows defender 1

4. Selanjutnya, lakukan opsi Full Scan untuk menjalankan full system malware scan.

5. Tunggu hungga proses selesai, setelah selesai Restart PC.

Gunakan full scan sehingga hasil yang didapatkan lebih menyeluruh dan juga bisa mendeteksi malware.

Update Windows (OS)

Melaukan update OS adalah cara paling efektif yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah. Microsoft biasanya memperbaiki berbagai masalah seperti bug, error dan yang lainnya dengan memberikan update secara berkala.

1. Klik Start, ketik “update

Cara Mengatasi This app can't run on your PC di Windows 10

2. Kemudian pilih Windows Update dan klik > Check for updates. (Jika update tersedia maka silahkan download dan install update, tunggu hingga proses selesai). Mungkin PC akan mengalami restart beberapa kali, biarkan saja, tunggu hingga update selesai.

3. Setelah update selesai, silahkan coba untuk buka kembali aplikasi atau software yang error tadi.

Coba jalankan aplikasi dengan Run as Administrator jika bebrapa cara diatas belum mempunyai efek yang signifikan.

Ok itu tadi adalah serangkaian tutorial cara mentasi error This app can’t run on your PC. Sedikit tips dari saya adalah sering-seringlah untuk membersihkan temporary files dan jaga kesehatan disk dengan melakukan scan setiap minimal sebulan sekali, hal itu akan mencegah terjadinya error.

Adam
Sangat antusias dengan teknologi, Suka traveling, berharap bisa mengembangkan bakat supaya bisa berguna bagi bangsa dan negara. sangat senang berinteraksi dengan kawan-kawan untuk mencari sebuah ide baru! Doa dan Ibadah itu kewajiban.